Pelihara Jurus PS dengan Sedekah

SEDEKAH DAN KEKAYAAN BERFUNGSI SOSIAL ADALAH PERCEPATAN.

Fachruddin Kita heran …, pada saat dayabeli masyarakat terjun bebas  dan harga hewan qurban membubung langit tetapi  mengapa aktivitas pemotongan hewan qurban meningkat jua. Kita bisa lihat aktivitas pemotongan hewan qurban bukan hanya di masjid masjid besar, tetapi sampai ke masjid kecil, musholla, surau dan langgar  yang terletak di gang gang sempitpun tak sunyi dari aktivitas yang satu ini. bagaimana mungkin bisa terjadi di lingkungan rakyat miskin yang kumuh ini.  Jangan terkejut itu belumlah seberapa, karena diantara mereka yang berkurban itu justeru banyak terselip diantaranya justeru adalah orang yang terbilang sangat miskin, dengan penghasilan yang tak lebih dari 15 – 20 ribu sehari yang didapatkannya dengan memulung sampah sampah yang dibuang orang. Puluhan tahun Ia menabung  hingga uangnya cukup untuk berkurban dan mencantumkan namanya diantara nama nama orang kaya itu.

Jelas uang yang dikeluarkannya berjumlah sekian atau bahkan puluhan kali lipat penghasilannya perbulan, dan Larangan pemulungtabunganpun ludes sudah. Berbeda dengan quban bagi orang orang kaya yang hanya sepersekian kali penghasilannya. Sungguh peristiwa ini sangat menggugah kita. Para pemulung itu bahkan ada diantaranya mengirimkan uangnya ke kampung untuk dibelikan hewan qurban  oleh panitia  tampa Ia meminta kwetansinya, tampa Ia harus melihat sendiri hewannya, tampa harus menyaksikan pemotongannya dan bahkan tampa meminta bagiannya yang halal diterimanya. Sungguh berbeda dengan sebagian pequrban yang menuntut meminta bagiannya, yaitu salah satu kaki hingga paha hewan yang diqurbankannya. Sungguh sungguh mulia mereka itu, pantaslah bila Allah menurunkan hidayah-Nya bagi mereka.

Sikap tabah dan sabar, serta rendah hati dan jiwa besar seperti apa yang dipertontonkan oleh para pemulung yang ikut berqurban pada tahun ini sebenarnya telah diajarkan oleh PS yang mungkin telah bertahun anda mengikutinya. Tetapi ternyata itu belumlah cukup. Jika dengan kesederhanaan para pemulung memang kita harus bersUang yang dimiliki harus memiliki fungsi sosialabar sekian lama.

Sebenarnya kita dapat melakukan percepatan, Para pemulung dalam mengmpulkan uang agar cukup untuk membeli hewan kurban dapat menitipkan uangnya kepada para pedagang yang dikenalnya secara dekat dan dapat dioercayainya. Mislakan diserahkannya kepada pedagang makanan  tempatnya berlangganan makan siang untuk menjadi tambahan modal, dan pemilik uangpun akan mendapatkan percepatan untuk uang tambahan kekurangan pembelian hewan kurban.  Dalam hal ini adalah penambahan modal bagi pedagang yang membutuhkan penambahan modal, yang keuntungannya bisa diambil secara harian. Ini adalah percepatan namanya. Uang yang digunakan oleh sipedagang itu intinya adalah fungsi sosial. Akan lebih terasa fungsi sosialnya mungkin manakala uang kita dimanfaatkan oleh lembaga pendidikan  umpamanya.

Demikian juga para anggota PS, sejatinya dapat menempuh jalan percepatan untuk mencapai kompetensi, karena dalam PS ini ternyata sekalipun masih level SD tetapi telah memiliki kemampuan membaca baca buku pelajaran siswa SMP dan seterusnya. Karena belajar ilmu ilmu PS tidak mutlak harus linier. Peluang inilah yang sebenarnya membuat para penuntut ilmu PS dalam setiap saat akan dapat melakukan berbagai upoaya percepatan. Upaya percepatan yang paling intensih adalah sholat dan sedekah. Dan dengan sholat dan sedekah itu pula kita dapat memelihara jurus PS hingga terpelihara dan berkembang ditangan kita. Jurus – Sholat dan sedekah harus memiliki fungsi sosial. Kembanghkan fungsi sosial dari jurus PS, anda akan berhasilo melakukan percepatan.

Baca Juga :

Penulis: Fachruddin

Saya Fachruddin, District Advisory Team (DAT) pada PT. Tetira International Consultants Jakrta, Kerjasama dengan ADB dalam rangka Pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Penerapan SPM Dikdas, di Wilayah Suamtera Selatan. Saya mengelola Blog, dan menulis di Blog tersebut, walaupun tulisan hanya tulisan populer, dan tidak terlalu mendisiplinkan diri dalan kaidah ilmiah. Namun diharapkan tulisan tersebut dapat dijadikan bahan saya berkomunikasi dengan para pihak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s