Belajar Banyak Kepada Bang Asfan

Drs. Hi. Fachruddin, M.Ag. Anggota PS Lampung  PS LampungMengapa Bang Asfan masyhur, mengapa Bang Asfan banyak teman dan luas pergaulannya, karena Bang Asfan melakukan sesuatu yang sangat bermanfaat bagi orang banyak. Permasalahan yang dihadapi oleh Bang Asfan ketika menjadi Ketua Laskar Aries Margono sarat melatar belakangi terbentuknya Perguruan PS ini. Demikian banyaknya ummat Islam yang bergabung pada PKI hanya dilatar belakangi rasa takut kepada PKI itu. Latar belakang Bang Asfan mendirikan PS adalah untuk merubah mindset ummat Islam yang demikian terkekang akibat tekanan politik PKI. Ummat Islam akan sejahtera manakala mengalami perubahan mindset tersebut. Maka disusunlah jurus jurus PS sebagai jurus yang membuat pengemban jurus itu memiliki kemampuan membuat perubahan perubahan, merubah sesuatu yang belum baik menjadi baik, merubah yang sudah baik menjadi lebih baik. Lalu apa ukuran kebaikan itu… ?. Rasulullah mengajarkan sebaik baik seseorang adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain.

Sadar bahwa jurus PS ini sangat berat untuk dikuasai, maka para murit PS harus memiliki sikap dasar tabah, sabar, jujur, rendah hati jiwa besar serta kesatria.  Dengan bermodalkan sikap dasar seperti itu maka seseorang diyakini akan mampu menapaki latihan demi latihan sehingga pada saatnya sampai kepada jurus tertinggi, manakala slah satu saja dari sikap dasar terlepas dari para muritnya, maka kecil kemungkinan sang murit mampu mencapai jurus tertinggi, ataupun mampu mencapai jurus tertinggi, tetapi kompetensinya tidaklah seimbang dengan ketinggian jurusnya. Oleh karenanya maka  kita wajib memelihara sikap dasar itu, yaitu tabah, sabar,  jujur, rendah hati, jiwa besar serta kesatria.

Tetapi sikap dasar itu bukan tujuan, melainkan alat untuk menguasai jurus PS, manakala jurus itu sudah kita dapatkan, maka kemanfaatan dari jurus itu bukanlah teruntuk pribadi belaka, melainkan harus memiliki fungsi sosial. Jurus PS yang telah kita dapatkan harus dirasakan juga manfaatnya oleh orang lain, agar kita tercatat sebagai orang yang baik, karena sebaik baik orang adalah orang yang bermanfaat bagi orang banyak. Bantulah orang banyak dengan menggunakan jurus jurus itu, karena memang jurus jurus itu diciptakan untuk kemanfaatan bersama.

Jurus jurus PS memberikan kompetensi yang begitu luas bagi para penyandangnya, sehingga sulit rasanya menyandang kompetensi itu secara keseluruhan, tetapi  mewnguasai kompetensi dasar dari jurus itu adalah sebuah keniscayaan, karena dengan bermodalkan kompetensi itu kita dapat mengemban jurus secara bermakna dan bermanfaat. “Tidak ada guna kita hidup, Tak ada guna kita mati” manakala kita tak bermanfaat bagi orang lain.  Bermanfaat bagi orang lain adalah inti ibadah, karena puncak puncak ibadah adalah sesuatu yang memiliki makna dan  fungsi sosial.

Demikian banyaknya kompetensi yang dimiliki oleh Bang Asfan selaku pencipta jurus dan pendiri Perguruan, demikian juga kompetensi yang dimiliki oleh Bang Zen sebagai penggantinya. Maka seandainya kita sebagai muritnya berusaha untuk dapat mengeuasi beberapa kopetensi dan keterampilan yang  dimiliki oleh kedua orang  Guru Besar itu  serta ingin menyumbangkan kompetensi yang telah dimiliki untuk kesejahteraan ummat, maka tidaklah berarti itu sebuah pelanggaran, tetapi sebaliknya tentu akan tercatat sebagai kemulyaan.  Wallohua’lam bishowab.

Baca Juga :

Penulis: Fachruddin

Saya Fachruddin, District Advisory Team (DAT) pada PT. Tetira International Consultants Jakrta, Kerjasama dengan ADB dalam rangka Pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Penerapan SPM Dikdas, di Wilayah Suamtera Selatan. Saya mengelola Blog, dan menulis di Blog tersebut, walaupun tulisan hanya tulisan populer, dan tidak terlalu mendisiplinkan diri dalan kaidah ilmiah. Namun diharapkan tulisan tersebut dapat dijadikan bahan saya berkomunikasi dengan para pihak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s