Era Bang Zen Lebih Komplek

Kita Sekarang Berhadapan Dengan Tekanan Ekonomi Yang Maha Dahsyat.

FachruddinApa yang harus dihadapi oleh PS di era Bang Zen ini jauh lebih komplek darti apa yang telah dihadapi oleh Bang Asfan. Memang dunia ini semakin tua semakin banyak permasalahan. Dahulu juga pada zaman Rasul  cara beriman itu simpel sekali, apa yang diajarkan oleh Rasul maka itulah yang harus dipatuhi titik. Tetapi perkembangan kemudian jauh lebih kompleks, sehingga untuk memahami Islam membutuhkan  ilmu tauhid, ilmu ushul fiqh, ilmu fiqh, ilmu tafsir al-Quran, tafsir Hadis, lalu menyusul fiqh siasah, sekarang ada fiqih wanita, ada fiqh asuransi dan lain sebagainya yang terlampau panjang untuk dituliskan dalam tulisan singkat ini. Munculnya ilmu ilmu itu adalah puluhan dan bahkan ratusan tahun setelah Rasulullah SAW wafat. Jika di lingkungan Islam muncul berbagai ilmu seperti apa yang dituliskan tadi, maka tidaklah maka tidaklah kemunculannya diartikan sebagai pembangkangan kepada Rasul.

Apa yang dihadapi oleh Bang Zen selaku Guru Besar  sejatinya jauh lebih komplek dari  apa yang telah dihadapi oleh Bang Asfan di saal awal perkembangan PS. Jika dahulu perjuangannya jelas ingin memerdekakan cara berfikir ummat Islam, tidak ada lagi rasa takut terhadap berbagai tekanan politik sehingga mengorbankan akidah. Kini ummat Islam berhadapan dengan tekanan ekonomi, bila pendidikan Islam tidak mulai melirik bagaimana caranya memopertahankan dan membangun ekonomi ummat maka pada saatnya kelak Islam akan ditinggalkan oleh ummat. mari kita berkaca kepada dunia politik Islam.

Diberbagai negara Islam, partai politik berlabel Islam mulai ditinggalkan orang lantaran tidak mampu menjawab tantangan zaman. Satu satunya partai Islam yang masih mampu berhasil memenangkan Pemilihan Umum beberapa periode sekarang ini hanyalah kemenangan partai Islam  Adalet ve Kalkinma Partisi (AKP) di Turki, di bawah jendralnya yang bernama Erdogan. Kemenangan partai Islam di Turki karena mereka mampu berbicara masalah pembangunan perekonomian rakyat Turki. Sehingga partai Islam di Turki mendapatkan dukungan besar bahkan dukungan dari non Muslim.

Luar biasa, ternyata jurus jurus PS ini memiliki potensi membangun perekonomian rakyat, jurus PS ini memiliki kemampuan untuk membuatkan fondasi yang kokoh bagi perekonomian, ibarat sebuah bangunan yang besar dan tinggi perekonomian membutuhkan vondasi yang mampu menopang bangunan itu agar berdiri kokoh dan tak gampang runtuh. Mulai dari sikap dasar  yaitu tabah, sabar, jujur, rendah hati dan jiwa besar serta kesatria hingga jurus PS yang terdiri dari ikrar, nafas, gerak dan lafaz.  Bila kita anlisa satui persatu semua adalah potensi membangun ekonomui. Marilah potensi ini sama sama kita gali, sehingga sanhgat bermanfaat bagi para anggota untuk memberikan sumbangsihnya bagi ummat secara keseluruhan. Insya Allah.

Baca Juga :

Penulis: Fachruddin

Saya Fachruddin, District Advisory Team (DAT) pada PT. Tetira International Consultants Jakrta, Kerjasama dengan ADB dalam rangka Pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Penerapan SPM Dikdas, di Wilayah Suamtera Selatan. Saya mengelola Blog, dan menulis di Blog tersebut, walaupun tulisan hanya tulisan populer, dan tidak terlalu mendisiplinkan diri dalan kaidah ilmiah. Namun diharapkan tulisan tersebut dapat dijadikan bahan saya berkomunikasi dengan para pihak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s