Semangat Moon Gazali

Drs. Hi. Fachruddin, M.Ag. Anggota PS Lampung  PS LampungTerhenyak saya sesaat setelah mengetahui bila Moon Gazali mau latihan PS harus menempuh perjalanan puluhan km karena beliau belum menemukan pasangan berlatih PS di kabupatennya sendiri, sampai sampai saya lupa menanyakan tinggal di Kabupaten manakah beliau, lantaran kekaguman saya atas semangat yang dimilikinya untuk berlatih PS. Yang jelas Moon Gazali tidak sendiri dalam posisinya seperti itu, dahulu saya kenal ada seorang wanita yang tinggal  dalam jarak 25 km untuk beralitih bersama kami di bandar lampung. Semangat yang dimiliki oleh Moon gazali adalah semangat yang dibutuhkan dalam berlatih PS, tentu kesendirian tak harus dijadikan alasan untuk tidak berlatih jurus, namun ajicoba dalam rangka mengkomfirmasi sebagian dari informasi yang sama sama kita terima dari dari guru besar. Ujicoba sebaiknya berkawanan karena pengalaman bersama itu tidak tertutup ada multi tafsir, manakala pemahaman itu kita padukan jauh akan lebih baik tinimbang sendirian. Perempuan aktivis PS Lampung itu terkadang dibawah gerimis rintik hujan melaju mantab dengan vespanya, akhirnya sibu muda itu hilang tak lagi nampak berlatih.

Zaman sekarang ini orang serbra praktis itulah sebabnya dalam berlatih PS memiliki latar belakang yang anekaragam, dahulu pertama menginjakkan kaki ke lapangan tempat berlatih PS langsung jumpa guru besar, penjelasan demi penjelasan dituturkan oleh guru besar secara langsung, tetapi kini para senior telah menyebar diseantero ada, maka para senior seyogyanya memposisikan diri sebagai penyambung lidah guru besar. Tentu saja kemampuan cek guru besar jauh diatas rata rata kita karena beliau sebagai guru, dan ceramah  ceramah beliau sejatinya adalah jawaban dari atas berbagai latar belakang dan  ekspektasi para anggota baru.

Namun sekali lagi harus kita pahami bahwa kini zaman telah berubah. Orang orang mengenal PS melalui penuturan seseorang, yang kita tidak tahu imformasi apa yang disampaikannya sehingga orang berniat masuk PS. Yang jelas dia datang ke PS lantaran ada yang dicarinya, adalah kewajiban bagi para senior untuk mencari tahu itu semua.  Maka para pelatih harus pandai pandai menyerap ekspektasi yang dimiliki olerh yang bersangkutan, kita tidak bisa pukul rata dan mereka harus mendengarkan kita bicara, karena kitapun sejatinya harus mendengarkan dari penuturan mereka langsung. Setelah itu baru kita tentukan bahasa bahasa yang dapat kita gunakan sebagai pendekatannya.

Untuk itu kita tidak bisa tampil sebagai sosok tunggal penerima mereka, kita butuh tim, dan bersama tim kita harus menganalisis segala informasi dan perkembangan yang terjadi. Seperti apa kata teori kurikulum, walaupun ada kurikulumnya, ada silabusnya, maka ketika seorang guru berdiri di depan kelas dan membicarakan sesuatu, maka itulah kurikulum yang sebenarnya. Apa yang disampaikan oleh guru didepan kelas bersifat kondisonal sangat dipengaruhi  oleh perkembangan yang terjadi, pristiwa yang populer dan lain sebagainya, yang itu semua bisa kita jadikan apersepsi sebelum masuk ke ranah inti.  Seperti apa yang diyakini oleh Moon Gazali bahwa berlatih bersama dirasakan akan lebih efektif di banding berlatih sendirian.

Maka ketika kita melatih seseorang, kita harus bertanya dalam hati, apakah tugas saya sebagai pelatih dan pengampu  melalui jurus jurus PS telah saya laksanakan dengan sebaik baiknya, apakah saya telah berhasil mendapatkan ekspektasi masing masing anggota baru itu, apakah pelatihan yang saya laksanakan adalah sesuatu yang sangat mungkin mencapai tujuan dari pelatihan, itu sendiri. Wallohu a’lam bishowab,

Baca Juga :

Penulis: Fachruddin

Saya Fachruddin, District Advisory Team (DAT) pada PT. Tetira International Consultants Jakrta, Kerjasama dengan ADB dalam rangka Pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Penerapan SPM Dikdas, di Wilayah Suamtera Selatan. Saya mengelola Blog, dan menulis di Blog tersebut, walaupun tulisan hanya tulisan populer, dan tidak terlalu mendisiplinkan diri dalan kaidah ilmiah. Namun diharapkan tulisan tersebut dapat dijadikan bahan saya berkomunikasi dengan para pihak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s