Berbuat baik dengan Jurus PS

Drs. Hi. Fachruddin, M.Ag. Anggota PS Lampung  PS LampungSebagian anggota PS masih  baru dalam tarap memanfaatkan jurus PS hanya bagi dirinya sendiri saja belum untuk orang lain. Dan bahkan ada juga anggota PS yang tak memiliki kemampuan untuk memanfaatkan jurus PS termasuk bagi dirinya sendiri, apalagi untuk orang lain. Jurus PS yang berintikan Laailaaha Ilallaah adalah sangat luasnya serta multiguna. Belajarlah dengan tekun bagaimana memanfaatkan jurus jurus PS itu, karena memang banyak pihak yang sangat membutuhkannya melalui para anggota PS.  Simak dengan baik manakala ada senior yang mengajarkan bagaimana memanfaatkan jurus itu, gunakan otak kanan baru kaji dengan otak kiri. Kita yang terbiasa menggunakan otak kiri yang  cenderung kritis mungkin akan mengalami kesulitan dalam memahami ilmu PS ketika akan diaplikasikan.

Seorang sahabat bukan hanya kaget tetapi jengkel  bahkan marah ketika saya mempersandingkan antara jurus PS dengan jurus bisnis. Sepengetahuan dia bisnis itu terkait dengan upaya upaya melancarkan marketing, untuk itu dibutuhkan marketing revulation seperti apa yang dikampanyekan oleh Tung Dasem waringin  di mana mana. Sementara PS adalah upaya memurnikan akidah, mengislamkan orang Islam. Dan banyak lagi komentar komentar celetukan yang tidak diawali dengan pemikiran yang mendalam dan serius. Hanya celetukan spontan.  Padahal bisnis pada hakekatnya adalah memberikan kemudahan kemudahan bagi manusia untuk mendapatkan kebutuhannya, dalam pada itu kita juga akan mendapatkan keuntungan. Bisnis bukan mencari keuntungan semata, bukan kita mendapatkan keuntungan sementara pembeli mengalami rugi, atau sebaliknya pembeli mendapat untung besar sementara kita yang menjual buntung. Bukan itu bisnis itu harus saling menguntungkan. Kita dapat untung sementara pembeli juga merasa untung karena telah tertolong, itulah antara lain inti dari marketing revolution, dan untuk gerakan itu maka jurus jurus PS itu hadir.  Tulisan ini hanya tulisan awal yang menggelobal, insya Allah nanti tulisan tulisan berikutnya  adalah tulisan yang lebih detail.

Banyak di antara kita yang tuidak tahu bahwa jurus PS itu adalah jurus jurus yang mempermudah bagi kita untuk melaksanakan bisnis, Karena memang dahulu Bang Asfan  tidak secara gamblang membicarakan tentang itu kata para anggotanya sebagai alasan yang dicari cari. Padahal sebenarnya Bang Asfan telah berulangkali membicarakannya. Kata Bang Asfan lagi bahwa ilmu PS ini adalah ilmu yang bagaikan samudera yang sarwa ada, Laailaha Illallah itu bagaikan lautan luas dan dalam, jangan hanya pelajari tepi tepinya saja, setidaknya baca buku “Samudera Al-Fatihah” untuk mengetahui betapa luarnya Laailaaha Illallaah itu. Bang Asfan sengaja menunjuk buku tua sebagai referensinya karena buku itu telah dibaca oleh banyak orang, termasuk orang tua kita, sehingga kita bisa banyak belajar kepada siapapun. Wajar saja bila kita tidak terlalu paham  dengan jurus PS, karena buku tua dan tipis yang yang dianjurkan oleh Bang Asfan ternyata tidak juga kita baca, apalagi anjuran Bang Asfan yang lainnya, yaitu ‘ Ihya Ulumuddin ‘ karya besar Imam Algazali itu.

Sebaik baik orang adalah orang yang bermanfaat bagi orang banyak,  juryus PS ini adalah jurus yang dapat dijadikan modal untuk berbuat bagi orang banyak itu.  Kalau kita seorang guru maka kita berpeluang berbuat sesuatu yang berguna, terutama bagi para murid kita. Kalau kita seorang penulis maka kita berpeluang berbuat baik bagi pembaca. Oleh karenanya maka yang mampu menyapa semua lapisan adalah pebisnis, pedagang, pedagang bisa berbuat baik bagi semua orang. Berbuat baiklah dengan jurus PS. Karena seseorang dikatakan hidup itu aalah manakala Ia telah berbuat baik bagi orang lain, yang orang lain tak mampu membalasnya.  Karena jurus PS itu pada hakekatnya adalah jurussedekah. Sedekah adalah sesuatu yang tak terbalaskan oleh manusia, karena Allah lah yang akan membalasnya.

Baca Juga :

Penulis: Fachruddin

Saya Fachruddin, District Advisory Team (DAT) pada PT. Tetira International Consultants Jakrta, Kerjasama dengan ADB dalam rangka Pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Penerapan SPM Dikdas, di Wilayah Suamtera Selatan. Saya mengelola Blog, dan menulis di Blog tersebut, walaupun tulisan hanya tulisan populer, dan tidak terlalu mendisiplinkan diri dalan kaidah ilmiah. Namun diharapkan tulisan tersebut dapat dijadikan bahan saya berkomunikasi dengan para pihak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s