Bisnis Ayo Bisnis (1)

Fachruddin PS LampungPrana Sakti (PS) adalah pengikut Rasulullah Muhammad,SAW. Tetapi seperti kebanyakan saudara kita, kita lalai meneladani Rasul  yang telah memberikan contoh teladan mengenai jiwa dan semangat serta aktivitas kewirausahaan. Beliau telah mulai berbisnis sejak usia 9-12 tahun. Tindak tanggung tanggung dalam berbisnis beliau telah menembus pasar luar negeri, setidaknya ada tiga kali beliau berniaga ke luar negeri, dan dalam satu perjalanan membutuhkan waktu selama tiga bulan.  Bisa kita bayangkan untuk perjalanan itu beliau membutuhkan puluhan Unta dan Puluhan keledai, lalu hitunglah sendiri berapa orang yang dibutuhkan beliau untuk mengurusi dagangan dan mengurusi unta serta keledai selama dalam perjalanan itu, dalam rombongan itu tentu membutuhkan tabib, perawat, scurity, ahli pemasaran, ahli bahasa dan lain sebagainya.

Perjalanan tiga bulan itu tidak mungkin hanya membawa barang sedikit, yang dijual selama setengah hari lalu habis, tidak, beliau berangkat dengan membawa barang dalam jumlah yang besar dan tentu pulang juga dengan membawa barang dalam jumlah besar untuk dijajakan di dalam negeri. Demikian suksesnya beliau berniaga sehingga setelah diangkat sebagai Rasul beliau dapat mengakhiri aktivitas perniagaannya, dan aktivitasnya sebagai Rasul cukup didukung dengan penghasilan selama sebelum diangkat sebagai Rasul. Langkah seperti itulah yang seharusnya kita lakukan. Kita menyisakan waktu yang cukup untuk  melaksanakan  aktivitas kita semata hanya berdakwah belaka dan kita tidak lagi disibukkan dengan mencari tambahan penghasilan.

Usia 0 – 12 tahun kita menanamkan akidah, 12 – 17 kita memberikan keterampilan, 17 – 31 kita menanamkan profesionalisme kerja sehingga mendapatkan kepercayaan, 31 – 45 kita menjadikan manajer, pada saat itu dia kayaraya, 45 – hingga akhir hayatnya Ia melaksanakan dakwah, aktivitasnya sehari hari cukup didukung oleh tabungannya. Dan jangan lupa dalam berdakwah itu bukan berarti dia tidak lagi berpenghasilan, karena dalam beraktivitas dakwah itu bila dilaksanakan secara profesional maka Ia masih akan menrima bayaran, walaupun bayaran bukanlah merupakan tujuan utamanya.

Kalaupun PS ingin mengajak para anggotanya memprogram diri seperti program yang dilaksanakan oleh Rasul, maka peluang itu sangatlah besarnya. renungan itu menjadi sangat penting karena tidak banyak organisasi yang memiliki kemampuan seperti PS. untuk melatih naluri bisnis seseorang yang langsung menghidupkan otak kanan sebagai modal utama dalam melaksakana bisnis. Ketahuilah bahwa sejatinya  dengan jurus jurus PS  kita dapat mengembangkan intuisi seseorang. Jurus PS itu adalah jurus yang mampu menghidupkan atau mengaktifkan otak kita, termasuk otak kanan, dan ketahuilah bahwa opada otak kanan  terdapat intuisi dan kreativitas yang sangat dibutuhkan dalam berbisnis.

Kita berpeluang untuk mendidik anak sejak  usia 0 – 7 tahun, kita didik anak kita dengan pola bermain seperti halnya PAUD dan TK, para anggota kita memiliki kemampuan melihat apa sesungguhnya yang terjadi ketika anak anak itu sedang bermain dengan alat alat permainan atau alat bermain edukatif. Dengan kemampuannya melihat itu kita dapat menganalisa secara luas, serta merencanakan pengarahan dalam permainan. Aktivitas bermain seorang anak adalah proses penyempurnaan syaraf syaraf seorang anak. Ketahuilah bahwa sejatinya ilmu PS mampu hadir dalam dalam mengamati proses itu.

Manakala seorang anak sudah kita amati sejak dini maka langkah langkah berikutnya diarahkan berdasarkan hasil perkembangan sejak usia yang dini. lalu langkah berikutnya kita tidak lagi mulai dari 0, karena kita telah memprogramnya sejak dini. Itulah sebabnya maka PS lampung sedang merintis terwujudnya jurus senam BrainGym – PS. Kita tahu program dilaksanakan ditengah cibiran teman teman. Tetapi inilah cara PS untuk mempertahankan agar iman kepada Allah tidak akan pernah pudar dari bumi Indonesia (bersambung)

Baca Juga :

Penulis: Fachruddin

Saya Fachruddin, District Advisory Team (DAT) pada PT. Tetira International Consultants Jakrta, Kerjasama dengan ADB dalam rangka Pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Penerapan SPM Dikdas, di Wilayah Suamtera Selatan. Saya mengelola Blog, dan menulis di Blog tersebut, walaupun tulisan hanya tulisan populer, dan tidak terlalu mendisiplinkan diri dalan kaidah ilmiah. Namun diharapkan tulisan tersebut dapat dijadikan bahan saya berkomunikasi dengan para pihak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s