Lailaaha Illallah Sebagai Core Ilmu PS.

Fachruddin
Fachruddin

Ada yang menuduh bahwa isi blog PS Lampung bukan domainnya, ada beberapa pengertian dari pernyataan ini, isi blog ini disebut bukan domain karena hanya Guru Besar yang berhak bicara tentang dan atasama ilmu  PS,  bisa juga pengertian dipahami bahwa PS tak ada kaitannya dengan apa yang ditulis di blog ini. Pernyataan yang sangat keliru ini menunjukkan bahwa yang bersangkutan keliru memahami core ilmu PS. Hingga sekarang masih banyak yang menganggap bahwa Cor ilmu  PS adalah Guru Besar. Dan ternyata pula masih ada yang menganggap bahwa core PS adalah latihan. Keliru menganggap dalam menetapkan core dalam imu PS maka akan tersesat, karena core yang diajarkan oleh Guru Besar justeru adalah Laailaaha Illallaah. Bayangkan betapa luasnya ilmu PS bila dipahami bahwa Laailaaha Illallah sebagai core. Tidak kurang dari  30 Juz tebalnya al-Quran itu dalam rangka menjelaskan pengertian Laailaaha Illallah.

Itu pula sebabnya mengapa dahulu Bang Asfan  selalu mengatakan bahwa Guru Besar PS itu sejatinya adalah Al-Quran, sedang Asfanuddin Panjaitan hanyalah penyampai belaka dan apa yang disampaikannya mengacu kepada Al-Quran. Tetapi ada suatu keistimewaan yang dimiliki oleh PS, yaitu tekad PS untuk membuktikan kebenaran al- Quran.  Bang Asfan sangat menyadari bahwa untuk menuntaskan ilmu PS ini  tentu tidak cukup oleh Bang Asfan sebagai Guru Besar dan pendiri PS dan menciptakan ilmu PS setelah mengislamkan apa apa yang pernah diterimanya dari gurunya dahulu, jika tak silap Pak Danu namanya.

Bang Asfan mendirikan PS dan mengembangkan ilmunya untuk mencari cara memahami al-Quran dengan mempergunakan jurus PS, maka disusunlah do’a PS, Ikrar PS dan jurus jurus PS dengan Laailaaha Illallah sebagai corenya. Itu dilakukan sejak awal mula PS didirikan, jadi sangatlah aneh bila ada mengira bahwa core ilmu PS adalah Guru Besar atau latihan, sehingga mereka mengira Guru Besar atau Latihan adalah inti PS. Keinginan Bang Asfan agar para muritnya memahami al-Quran sangat kentara ketika beliau menetapkan test al-Quran untuk setiap kali kenaikan jurus. Tentulah beliau sangat bersedih bila para muritnya bertumbangan gugur lantaran mengikuti test al-Quran. Tradisi ini pula hendaknya yang harus kita jaga, agar setapak demi setapak para murit PS memahami isi dan kandungan al-Quran, sxejalan dengan ketiunggian jurus, beliau berharap pada saat mengampu Payung Rasul sang murit telah menjadi Pakar Al-Quran, karena isi al-Quran adalah dalam rangka menjelaskan Lailaaha Illallaah.

Itulah sebabnya keterampilan dasar PS itu sangat dibutuhkan adalah dalam rangka membuktikan (konfirmasi) kebenaran alQuran. Keterampilan dasar nantinya akan dilanjutkan dengan keterampilan spesial. Ingat pada hari pertama Bang Asfan ceramah maka selalu saja beliau mensitir surat al-Baqoroh di bagian awal, yang juga mengkategorikan rejeki sebagai sesuatu yang gaib, dalam artian perlu mendapatkan perhatian dalam forsi yang lebih.

Itu ;pula sebabnya maka setidaknya bagi pengampu Mahdi dan Syahbandar harus berbagi tugas mengembangkan ilmu PS, bila Mahdi diharuskan melakukan konfirmasi jurus jurus PS dengan cara memperbaiki jurus juirus PS yang dilakukan oleh para anggota PS, karena banyak para anggota PS yang membuat jurus sekena saja. Sedangkan Syahbandar harus melaksanakan rekayasa jurus, yaitu berusaha menyelesaikan berbagai kasusu baik yang dialami oleh para anggita atau bukan anggota dengan cara memanfaatkan kjurus jurus PS. Jika setiap pengampu Mahdi melaklukan clinics pembuatan jurus PS berjumlah 30 kasus, maka berarti tiga orang pengampu Mahdi akan mampu menemukan 90 kasus. setiap anggota berhak mendapatkan temuan temuan, yang harus dilaporkan kepada Guru Besar. Maka bila Mahdi dan Syahbandar melakukan tugasnya dengan baik, maka ilmu PS akan berkembang dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Baca Juga :

Penulis: Fachruddin

Saya Fachruddin, District Advisory Team (DAT) pada PT. Tetira International Consultants Jakrta, Kerjasama dengan ADB dalam rangka Pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Penerapan SPM Dikdas, di Wilayah Suamtera Selatan. Saya mengelola Blog, dan menulis di Blog tersebut, walaupun tulisan hanya tulisan populer, dan tidak terlalu mendisiplinkan diri dalan kaidah ilmiah. Namun diharapkan tulisan tersebut dapat dijadikan bahan saya berkomunikasi dengan para pihak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s