Blog PS Lampung Mendorong Terulangnya Sejarah Buruk Beberapa Senior

SAUDARA KALIAN (Nama Samaran)

mencermati wall ini terus terang saya bingung…sebelumnya pernah terjadi dialektika yang sudah dimuat di blog PS Lampung…keheranan saya adalah kenapa kita terjebak dalam lubang yang sama untuk yang kesekian kalinya…
maaf saya belum membaca keseluruhan tulisan pak Fachruddin…tapi bila tulisan pak Fachruddin adalah hasil ‘reportase’ aktivitas pak Ishak Saleh sebagai pelatih dan pengurus di bengkel PS Lampung…apakah ini berarti siaran resmi PS Lampung?…

saya tidak anti dan takut untuk berbeda pendapat…sangat boleh bagi saya…tapi perbedaan itu harus dijaga agar tidak menimbulkan friksi…membaca sebagian isi blog PS Lampung yang diposting pak Ishak di wall PS semakin membuat saya paham sebab terjadinya perselisihan internal yang pernah terjadi…

saya tidak anti pembaruan atau ingin menghambat kreativitas siapapun tapi kalau soal PS ada bagian dimana saya memilih untuk menjadi konservatif…saya makmum/murid dan patuh kepada imam/guru saya!…

dan saat ramadhan kemarin sebenarnya saya sangat menunggu bagaimana saudara-saudara dari Lampung bisa bertukar pikiran tentang perbedaan pendapat atau bahkan hasil ujicoba pak Ishak…

mohon maaf sebesar-besarnya saya adalah murid, pasti ada salah dan kurang pemahamannya…tak ada hak saya untuk mengklaim bahwa saya yang paling benar…
saya tekankan bahwa saya hanya ingin menjaga orisinalitas milah PS sesuai yang diajarkan oleh Guru sesuai pengalaman yang saya dapatkan…saya sangat yakin sebagian masih sependapat dengan saya…bahkan pada masanya saya juga berbeda pendapat dengan rekan yang lain tapi tidak pernah menjadi masalah…formalisasi kreativitas ini yang bisa menjadi masalah bagi saya (seperti yang diangkat bang Idris Putra)…karena sudah melampaui wewenang guru sebagai Imam…

baiklah saya mengakui mungkin saya masih dalam taraf “anggota yang bermasalah” karena belum memenuhi “standar” seperti yang tertulis di blog PS Lampung…tapi sebagai junior izinkanlah saya mengingatkan sejarah beberapa senior yang membangun perguruan mereka sendiri; keluar dari PS…menurut saudara-saudara sekalian adakah “benang merah”-nya?…ketika mereka merasa bahwa kepemimpinan Guru mengungkung kepentingan pribadi dan kreativitas mereka?!…sebagai sesama saudara saya hanya bisa berkata karena baru sebatas ini kemampuan saya….tapi jika pesan saya ini pun dianggap restriksi kreativitas maka silahkan saja mengulang sejarah….

Penulis: Fachruddin

Saya Fachruddin, District Advisory Team (DAT) pada PT. Tetira International Consultants Jakrta, Kerjasama dengan ADB dalam rangka Pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Penerapan SPM Dikdas, di Wilayah Suamtera Selatan. Saya mengelola Blog, dan menulis di Blog tersebut, walaupun tulisan hanya tulisan populer, dan tidak terlalu mendisiplinkan diri dalan kaidah ilmiah. Namun diharapkan tulisan tersebut dapat dijadikan bahan saya berkomunikasi dengan para pihak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

