Dongkol, Dengki dan Dendam Akan Merusak Kualitas Jurus Kita Sendiri.

JANGAN PERNAH MENGAGUMI DIRI SENDIRI.

Fachruddin PS LampungBanyak anggota PS di Lampung  yang protes kepada pelatih lantaran latihan yang diikutinya selama ini dirasakannya belum mendapatkan hasil, demikian laporan pelatih kepada Pengurus. Pengurus menyarankan agar mereka diajak bicara dari hati kehati terlebih dahulu sebelum melakukan cek jurus yang bersangkutan. Sebelum melakukan clinic terhadap jurus yang bersangkutan hendaklah dikenali terlebih dahulu siapa, latar belakang pengalamannya serta aktivitasnya sehari hari, siapa siapa temannya, dan bagaimana cara dia dengan teman temannya beraktivitas, berkomunikasi dan lain sebagainya, baru melakukan cek jurus dan lain sebagainya terkait jurus. Hasilnya ternyata benar, mereka yang sedang bermasalah akan sulit mencapai jurus dengan hasil yang maksimal, anggota yang bermasalah tidak akan mencapai hasil yang mengembirakan. Berdasarkan pengamatan jumlah anggota bermasalah ini sangatlah banyaknya.

Yang dimaksud dengan anggota yang bermasalah bukan saja hanya mereka yang sakit dan ingin sembuh dengan berlatih jurus PS, tetapi bagi mereka yang ingin berprestasi dalam belajar jurus PS tetapi kurang memperhatikan berbagai faktor yang menjadi penentu keberhasilan dalam berlatih jurus PS. Berdasarkan hasil dari upaya para pelatih. Menilik dari keberhasilan meraih kompetensi dalam berlatih jurus PS maka banyak sekali para anggota yang bermasalah. Ketidak berhasilan dalam mencapai sesuatu itu adalah masalah. Jika seharusnya Ia mencapai 10, tetapi pada saat ini baru tujuh, maka ada tiga lagi yang bermasalah itu, masalah itu adalah gap antara tujuan dan kenyataan. Kenyataannya tidak semua anggota PS yang aktif berlatih dan bahkan sebagian dari si pelatih itu sendiri, maka ini disebut masalah.

Diantara sekian banyak masalah yang ditemukan menerpa para anggota yang berniat berprestasi dalam PS ternyata masalahnya ada pada diri sendiri, masalah yang dihadapi tidak pada orang atau pihak lain, permasalahannya justeru terletak pada diri sendiri. dan permasalahan yang yang paling lazim diketemukan adalah masalah dongkol, dengki dan dendam. Sulit bagi anggota  “PS Di Cabang Lampung” (dalam tanda petik) untuk berprestasi manakala dalam hatinya masih terdapat rasa dongkol, dengki dan dendam terhadap seseorang atau kelompok lain. Oleh karenanya maka bula merupakan salah satu diantara yang kurang berpretasi itu, maka bersegeralah evaluasi diri apakah benar yang kita dengkikan, dongkolkan atau dendamkan kepada seseorang atau kelompok lain, manakala diketemukan maka ketahuilah bahwa hal itulah sebagai penyebab mengapa ilmu dan jurus jurus PS tidak akan berkembang ditangan anda. Dan akan lebih parah lagi manakala anda berstatus sebagai pelatih, bersiaplah menerima kenyataan bahwa para anggota baru tak akan mendapatkan pencerahjan dari anda.

Mengevaluasi apakah kita masih memendam rasa dongkol, dengki dan dendam hendaknya merupakan agenda rutin yang harus dilakukan oleh setiap anggota PS, apalagi ditenggarai rasa  dongkol, dengki dan dendam itu biasanya diawali atas kekaguman terhadap diri sendiri, atau kekaguman terhadap seseorang secara terlampau batas, sehingga ketika ada pihak lain melebihi kita atau melebihi seseorang yang kita kagumi itu maka kitapun tersinggung dalam wujud  dengki dongkol dan dendam.  Ketika kita terlapau mengagumi diri sendiri atauy seseorang maka kita tidak akan pernah suka kepada seseorang atau pihak pihak yang nampak seseolah melebihi dirikita atau diri seseorang yang atau juga kelompok yang kita kagumi itu. Terlapau kagum terhadap diri sendiri, seseorang ataupun kelompok akan mendorong kita menjadi bangga dan sombong.

Padahal kesombongan adalah sesuatu yang harus kita enyahkan sedini mungkin sebab manakal kita memiliki rasa sombong sebesar zarrahpun, maka haram bagi kita untuk mendapatkan baunya syurga. Mendapatkan baunya saja kita tidak boleh, apatah lagi kita akan berdiam di syura itu. Demikian selalu disampaikan oleh Guru Besar PS yang pertama alm Asfanuddin Panjaitan.

Baca Juga :

Penulis: Fachruddin

Saya Fachruddin, District Advisory Team (DAT) pada PT. Tetira International Consultants Jakrta, Kerjasama dengan ADB dalam rangka Pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Penerapan SPM Dikdas, di Wilayah Suamtera Selatan. Saya mengelola Blog, dan menulis di Blog tersebut, walaupun tulisan hanya tulisan populer, dan tidak terlalu mendisiplinkan diri dalan kaidah ilmiah. Namun diharapkan tulisan tersebut dapat dijadikan bahan saya berkomunikasi dengan para pihak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s