Allah tidak Membuat Sesuatu Yang Tak Bermanfaat

Fachruddin PS LampungPara anggota PS yang berlatih di  di PS Lampung terkejut ketika kamera  menangkap adanya gelembung sinar yang bertaburan ketika mereka membuat jurus sewaktu berlatih jurus PS. Lalu diantara mereka tak seorangpun yang mampu menjelaskannya karena memang dasarnya juga mereka tidak pernah melihat itu semua, sementara peristiwa semacam itu sudah berkali kali tertangkap kamera, rerupa  warna warni dan pernah juga hanya satu warna. Apakah itu makhluk gaib, Ya kita sdelalu saja mengatakan sesuatu yang belum kita kethui itu sebagai sesuatu yang gaib. Seperti dahulu ada cerita tentang sebuah pesawat yang terbang melintas di desa dalam keadaan terbang cukup rendah.  Masyarakat desa berteriak teriak istighfar, mereka mengira  yang melintas menggemuruh  itu adalah seekor ikan bersar yang terbang melintas desa untuk mencari mangsa. Mereka yakin betul dunia tak lama lagi akan kiamat. Mereka menjadi gelisah hingga datang seseorang yang menjelaskan bahwa itu adalah pesawat terbang. Padehal semula mereka menganggap pesawat terbang itu adalah benda gaib dan itu adalah pertanda buruk. Yah memang sesuatu yang belum kita ketahui itu selalu saja kita sebuat gaib. dan nantinya setelah kita pahami dan kenali dengan baik, maka kkta tak lagi menyebutnya gaib, seperti pesawat tadi.

Banyak orangh desa sekarang ini yang tak lagi heran melihat pesawat terbang, bahkan hari hari hidupnya selalu terusik oleh bisingnya aktivitas take off dan landingnya pesawat terbang yang lalu lalang datang dan pergi mengantar para penumpang dari atau menuju tempat tertentu. Namun demikian mereka yang mulai merasa tak heran dengan pesawat terbang itu sebagian besar diantaranya justeru sekalipun tak pernah naik ke pesawat yang setiap hari mengganggu hidupnya itu. Sekalipun mereka tak heran bukan berarti mereka siap menjelaskan segala sesuatunya tentang pesawat itu. Apalagi kehadirannya di bandarta tak lebih hanya sekedar berjualan makanan jajanan yang melayani mereka yang kehausan. Atau kedekatannya dengan pesawat itu lantaran rumahnya ada di sekitar bandara, sehingga gemuruh mesin adalah suara yang tak asing ladi baginya.

Janganlah kita ini menjadi orang yang sama dengan mereka yang berdagang di sekitar bandara, atau bertempat tinggal di sekitar bandara, lalu mengaku masalah pesawat terbang itu tak asing lagi,  sementara dia tak memiliki pemahaman sedikitpun tentang pesaweat terbang dan apalagi memahaminya, menumpang pesawat terbang itupun belum pernah sekalipun.  Munculnya gelembung sinar dari tubuh atau mungkun anggota tubuh para anggota PS ketika sedang membuat jurus akan membuat kita suatu saat tak lagi merasa heran gelembung sinar itu, menganggapnya hal yang biasa. Sementara kita tak memiliki kemampuan untuk menjelaskannya dan apatah lagi memanfaatkannya.

Ketika para malaikat agak keberatan Allah menciptakan manusia untuk dijadikan khalifah, dan bahkan malaikat mensinyalir akan adanya  pengrusakan yang akan dilakukan oleh manusia di muka bumi ini, maka itu p[ula sebabnya Allah menlaksanakan vit and propertest sebagai kelayakan ditunjuknya seseorang menjadi khalifah di bumi ini. Manusia (Adam) ditunjuk sebagai khalifah lantaran manusia memiliki kemampuan mehyebutkan sejumlah nama Bersabarlah. nama benda, apa manfaat dan kegunaannnya, serta bagaimana cara menafaatkannya.

Anggota PS yang paling ideal adalah dapat melihat secara langsung apa sebenarnya yang terjadi ketika para anggota melaksanakan pelatihan membuat jurus, apa yang dimunculkannya, apakah itu berupa benda, maka itu disebut benda apa, apa manfaatnya, siapa pula yang membutuhkannya, serta bagaimana pula cara memanfaatkannya. Karena apa apa yang diciptakan Allah itu pasti ada maksudnya, dan ada manfatnya, bagi hambaNya. Lalu kenapa benda itu selalu muncul disaat saat para anggota PS membuat jurus, tentu saja Allah akan menyampaikan pesan tertentu pula melalui benda benda itu.

Atau seperti akata orang yang mengatakan bahwa gelembung sinar seperti itu memang terdapat di mana mana, kita bisa lakukan itu ambil lah gambar ditempat latihan sebelum dilaksanakannya latihan, dan jangan lupa pula ambil gambar setelah latihan, atau ketika tidak digunakan untuk latihan, bandingkan dengan gambar ditempat  sasaran lainnya. Lalu lihat apa bedanya. Jika gelembung sinar ini selalu muncul pada saat kita latihan dan menghilang ketika kita selesai latihan maka tidak menjadi masalah bioa kita melakukan penelitian. Tekadkan suatu saat kita harus bisa melihat sendiri dan tahu persis apa, di mana, bagaimananya serta untuk siapa, dan seterusnya.

Sebaiknya penelitian dulu, baru berdiskusi dan menjkadi narasumber, jangan sampai terbalik, menjadi narasumber dahulu baru penelitian. Semua cipataan Allah memiliki manfaat, dan orang uyang disebut ulul albaab adalah orang yuang mampu merespon segala ciptaan Allah. Kemampuan kita merespon ciptaan Allah menjadi faktor pembeda antara manusia dengan malaikat, dan dengan itu pula manusia dikatakan lebih mulia, karena membuat ciptaan Allah tak akan sia sia.

Sekayu 15 April 2914

 

Baca Juga :

Penulis: Fachruddin

Saya Fachruddin, District Advisory Team (DAT) pada PT. Tetira International Consultants Jakrta, Kerjasama dengan ADB dalam rangka Pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Penerapan SPM Dikdas, di Wilayah Suamtera Selatan. Saya mengelola Blog, dan menulis di Blog tersebut, walaupun tulisan hanya tulisan populer, dan tidak terlalu mendisiplinkan diri dalan kaidah ilmiah. Namun diharapkan tulisan tersebut dapat dijadikan bahan saya berkomunikasi dengan para pihak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s