Ummat Islam Harus Kaya, PS Mampu Ambil Bagian.

Fachruddin PS LampungDisampaikan kepada mahasiswa Fakultas tarbiyah IAIN Rd. Intan Lampung, bahwa ummat Islam di masa yang akan datang harus kaya, Prana Sakti Lampung akan selalu mengkampanyekan ini, dalam rangka memelihara keimanan umat karena kemiskinan akan menghampirkan seseorang kepada kekufuran. Setelah Indonesia meredeka sejak 59 tahun yang lalu hingga kini kita masih banyak ketergantungan terhadap pihak luar. Rasa ketergantungan kepada asing inilah yang membuat suasana dalam negeri kurang stabil, karena kesejahteraan dan stabilitas memiliki korelasi yang sangat signifikan. Oleh karenanya maka ummat Islam harus saling bahu membahu untuk menguapayakan kesejahteraan bagi umat, yang sekaligus berarti mengupayakan agar keimanan semakin kukuh. Hal tersebut disampaikan kepada para mahasiswa dalam rangka pelatihan Kepemimpinan dengan tema “Motivasi Kepemimpinan & Karakter Bangsa Menjawab Tantangan Zaman Menuju Indonesia Yang bermartabat.  Pelatihan diikuti oleh 40 orang Mahasiswa, diselenggarakan pada tanggal 7 Agustus 2014 di Aula Fakultas Ushuluddin IAIN Rd.Intan Lampung, mulai pukul 09.15 hingga pukul 16.45. Dalam sesi terakhir presentase dibantu oleh beberapa orang anggota PS yang aktif dalam Ujicoba Jurus PS untuk menghidupkan Otak Kanan.

DSC07543Bangsa yang bermartabat adalah bangsa yang memiliki kemampuan sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Meninggikan derajat bangsa adalah tugas kita semua baik secara individu maupun secara bersama sama. Adalah merupakan kenyataan pahit yang harus kita terima pada saat ini bahwa negara negara yang terdapat komunitas ummat Islam pada umumnya adalah merupakan negara miskin, di mana hajat hidup rakyatnya masih sangat berketergantgungan kepada asing, mereka tidak memiliki kemampuan menciptakan teknologi untuk membuat berbagai produk guna memenuhi kebutuhannya sendiri.

DSC07550Sementara Allah Yang Maha Kaya tidak akan merubah nasib suatu komunitas sebelum para individu dari komunitas itu berusaha merubah nasibnya. Oleh karenanya maka sebagai individu dari ummat Islam Indonesia kita harus sesegera mungkin menemukan cara untuk memanfaatkan kekayaan yang dimiliki oleh PS untuk mencapai kesejahteraan ummat. Manakala ummat kita berada pada garis kemiskinan maka itu akan menjadi beban bangsa secara keseluruhan, tetapi manakala ummat mampu hidup sejahtera maka kesejahteraan ini akan memiliki dampak dan imbas yang sangat  positif bagi bangsa secara kesel;uruhan, karena memang kehadiran Islam sejatinya adalah rahmat bagi kita secara kolektif.

IMG_3651Upaya upaya itu sudah dilakukan di PS Cabang lampung,  yang kini baru sedikit jurus PS yang telah diujicobakan untuk menghidupkan otak kanan, dari jumlah jurus PS yang banyak itu, walaupun upaya ini mendapat tantangan keras dari para senior PS baik dari cabang Lampung maupun Cabang yang lain, tetapi karena Guru Besar sendiri justeru mendorong maka dengan Bismillah aktivitas ini akan tetap dilkaksanakan hingga mencapai hasil yang maksimal. Walaupun baru sedikit dan belum sesuai dengan target yang kami tetapkan, tetapi alhamdulillah kini sudah mulai membuahkan hasil yang sangat membanggakan. Sejumlah anggota yang aktif mengikuti ujicoba sudah menunjukkan hasil hidupnya otak kanan mereka, sementara mereka yang memiliki aktivitas keseharian sebagai peniaga, maka memanfaatkan jurus PS telah mengalami hasil yang sangat signifikan.

Memang harus diakui bahwa mereka yang tertarik untuk mengikuti program ini adalah mereka yang masih mengampu jurus rendahan, atau anggota baru sekalian. Ini merupakan permasalahan tersendiri bagi Pengurus. Tetapi dukungan dari Guru Besar yang disampaikan langsung secara lisan itu adalah lebih dari cukup untuk membulatkan tekad untuk melakukan pelatihan pelatihan ini secara lebih giat.

Sebagai anggota PS yang telah menanamkan komitmen bersama PS terhitung sejak tanggal 25 November 1989 dan sudah merasakan manfaatnya jurus jurus PS untuk pribadi dan keluarga, maka wajar saja bila kini sekalipun sudah agak terlambat tetapi tetap merasa berkewajiban untuk berbagi baik kepada sesama anggota PS maupun bagi ummat dan bahkan bangsa secara keseluruhan. Dengan berbagai pengalaman yang didapatkan sedikit demi sedikit  dengan cara mengikuti pelatihan itu  secara tekun dan tidak kurang 20 tahun lamanya, maka sejatinya  sudah ada berbagai catatan catatan yang semula hanya untuk pribadi, yang dapat dibagikan kepada para anggota yang lainnya. Sekalipun untuk sementara pada saat ini para senior lebih banyak yang menolak daripada yang menerima. Tetapi secara pribadi saya berkeyakinan pada saatnya nanti para senior justeru sangat membutuhkannya.

Apa yang kita tampilkan pada saat pelatihan kepemimpinan mahasiswa di atas, kita sudah sampaikan bahwa dengan jurus jurus PS kita telah mampu mengembangkan otak kanan, yaitu aktivitas otak yang memiliki kemampuan menampung berbagai sinyal atau tanda tanda terutama tentang sesuatu yang baru dan belum dikenal sebelumnya.  dengan sedikit memberikan arahan atas bimbingan dari dua orang anggota PS yang aktif mengikuti ujicoba di Bengkel PS Lampung dua orang mahasiwa yang ditunjuk sebagai peragaan, dengan cara mempertemukan dua orang yang sebelumnya tidak saling mengenal satu sama lain, ternyata keduanya mampu menangkat gejala yang ada terhadap orang yang dikenalnya itu.  Karena mereka bukan anggota PS dan hanya mendapatkan bimbingan secara kilat,  maka wajar saja bila hanya sebagian gejala yang ada yang mampu mereka tangkap. Tetapi hasil ujicoba dadakan itu sangatlah menggembirakan. Alhamdulillah.

 

 

Penulis: Fachruddin

Saya Fachruddin, District Advisory Team (DAT) pada PT. Tetira International Consultants Jakrta, Kerjasama dengan ADB dalam rangka Pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Penerapan SPM Dikdas, di Wilayah Suamtera Selatan. Saya mengelola Blog, dan menulis di Blog tersebut, walaupun tulisan hanya tulisan populer, dan tidak terlalu mendisiplinkan diri dalan kaidah ilmiah. Namun diharapkan tulisan tersebut dapat dijadikan bahan saya berkomunikasi dengan para pihak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s