Bahasa Ilmu PS, Apakah Itu ?

Fachruddin PS LampungRing telephone berbunyi, diujung sana terdengar bicara ” Saya Sarjana S2 Jurusan Bahasa, dan anggota PS hampir sepulu tahun lamanya, tetapi saya tak paham bahasa PS itu apa maksudnya” demikian kiata diujung sana dengan penuh canda. Diujng kata Ia berharap agar dijelaskan lagi apa mengapa bahsa PS itu. Yang bersangkutan yakin bahwa istilah hahasa PS itu pasti ada asbaabun nuzulnya. Dan sayapun berjani untuk menulis sedikit lebih jelas lagi dari apa yang pernah saya tuliskan.

Sesungguhnya istilah Bahasa Ilmu PS itu sendiri muncul dari penuturan Guru Besar PS di sekretariat PS Kota Palembang pada tanggal 14 Juni 2014, istilah itu justeru muncul ketika beberaoa anggota PS bercerita secara terbuka akan pengalaman masing masing ketika mempraktek jurus jurus PS dan pada saat itu mereka melihat sesuatu yang tak lazim melika lihat pada saat tidak menerapkan jurus jurus PS. Guru Besar mengatakan apa yang yang kita lihat ketika kita menerapkan jurus jurus PS dan berakibat melihat sesuatu maka berarti itu adalah jawaban dari jurus yang kita buat, tentunya jawaban dari jurus itu adalah merupakan bahasa bahasa yang harus kita pahami juga secara PS, dan tentu saja yang dimaksud oleh Guru Besar adalah bahwa kita dapat memahaminya tentu dengan bahasa bahasa PS.

Bahasa PS adalah bahasa yang hanya akan dipahami oleh mereka mereka yang sering mempraktekkan jurus jurus PS sesuai dengan kegunaannya masing masing jurus. bagi mereka yang hanya rajin latihan saja dan tidak memanfaatkan jurus jurus itu sesuai dengan kegunaannya maka Ia hampir dapat dipastikan akan mengalami kesulitan memahami Bahasa Bahasa Ilmu PS.  Dengan kata lain mereka yang mehami Bahasa Ilmu PS adalah mereka yang banyak pengalaman belajarnya dengan jurus jurus PS. Pengalaman itu akan dikumpulkan sedikit demi sedikit ketika yang bersangkutan memanfaatkan jurus jurus itu untuk kepentingan sesuai dengan tuntunan penggunaan jurus PS.

Semakin banyak seorang anggota  PS melakukan ujicoba dan konfirmasi jurus PS maka akan semakin banyak perbendaharaan bahasa ilmu PS yang dipahaminya. Semakin banyak bahasa ilmu PS yang dipahamininya akan seamakin memiliki kemampuan untuk mamahami apa dan mengapanya segala sesuatu yang berkaitan dengan jurus PS. Maka bisa dipahami bula sering kita temukan para senior yang mengatakan bahwa untuk memahami PS maka latihan saja seaktif mungkin, nanti anda akan menemukan sendiri perihal PS itu. Bahwa dengan bahasa yang sangat terbatas itu maka bisa kita pahami akan keterbatasannya dengan bahasa PS yang bisa digunakannya.

Tetapi dilain pihak bahsa bahasa ilmu PS juga tidak akan mudah memahaminya manakala Ia sendiri kurang memahamai ilmu tahid, bagi seorang senior PS memailiki pemahaman ilmu tauhid itu adalah mutlak adanya. Itu pula sebabnya maka banyak sekali senior PS yang sejatinya telah memiliki kemampuan menangkap bahasa ilmu PS, tetapi Ia tidak memahami makna dari bahasa yang sejatinya telah tertangkap olehnya. Jumlah senior PS dalam posisi seperti ini sejatinya banyaksekali. dan dalam posisi seperti itu banyak hal yang tidak mampu dijelaskannya kepada yuniornya. Itulah mengapa Guru besar selalu menghimbau agar para senior meningkatkan kemampuan diri agar “Mengerti dan Paham” Ilmun PS.

Baca Juga :

Penulis: Fachruddin

Saya Fachruddin, District Advisory Team (DAT) pada PT. Tetira International Consultants Jakrta, Kerjasama dengan ADB dalam rangka Pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Penerapan SPM Dikdas, di Wilayah Suamtera Selatan. Saya mengelola Blog, dan menulis di Blog tersebut, walaupun tulisan hanya tulisan populer, dan tidak terlalu mendisiplinkan diri dalan kaidah ilmiah. Namun diharapkan tulisan tersebut dapat dijadikan bahan saya berkomunikasi dengan para pihak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s