Indonesia Sebagai Pusat Peradaban Islam, PS Optimis !

Fachruddin PS LampungBanyak pihak yang mengolok olok dan menertawakan keingin sejumlah tokoh intelektual Muslim yang menginginkan Indonesia sebagai puisat peradaban Islam dunia. Tetapi dalam hal ini PS harus optimis bahwa ini bisa diwujudkan, karena PS memiliki potensi dan kemampuan untuk ikut ambil bagioan yang signifikan. Memang sangat disayangkan kemampuan itu selama ini terpendam dalam lumpur dan belum lagi termanfaatkan secara maksimal.

Seperti kita fahami bersama bahwa peradaban itu sangat erat hubungannya dengan pola cara mencari dan menata kehidupan, atau lebih tepatnya dalam memenuhi kebutuhan sehari hari utamanya perekonomiannya. Pusat Pradaban Kristen Tersebar di Barat dan Eropa, Pusat peradaban Konghucu di Cina, pusat peradaban Hindu di India, Pusat peradaban Buda di Jepang dan juga Cina. Lalu dimana Pusat Peradaban Islam, banyak orang berharap dan dan menginginkan Indonesia adalah Pusat Perdaban Islam, tetapi sementara ini lebih banyak lagi yang mengolok olok dan menrtawakan.

PS mampu memberikan andil yang signifikan untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat peradaban Islam asalkan para senior bersepakat untuk secara terus menerus melakukan penggalian dengan melakukan berbagai ujicoba jurus PS untuk kepentgingan itu. Ujicoba dimaksudkan sebagai upaya mengkonfirmasi apakah kita sebagai senior PS secara individu telah memiliki kompetensi seperti yang diajarkan oleh Guru Besar,

Selama ini sebagain besar senior tidak sepakat mengajak para anggota berisaha memenuhi kompetensi yang seharusnya memang dimiliki sesuai dengan ketinggian jurus yang diampu. Mereka menganggap kompetensi itu bagaikan takdir seperti pemahaman fatalistik memahami rejeki. kalau memang rejeki ada maka akan ada saja jalan mendapatkannya, tetapi bira rejeki itu tak ada maka apapun usaha tak akan berhasil. Paham seperti itulah yang membuat pemahaman bahwa core PS itu adalah latihan, manakala sudah melaksanakan latihan sesuai jadual maka inti latihan sudah didapat, Ketidakhadiran dalam jadual latihan dianggap sebagai penghianatan terhadap organisasi.

Itulah juga maka melalui blog ini kami telah menggagas adanya pembagian tugas diantara para senior, agar pengampu mahdi diharuskan melakukan ujicoiba klinik jurus bagi para anggota PS, pengampu syahbandar melakukan ujicoba permasalahan sosial, dan pengampu payung rasul melakukan pengembangan al-Quranisasi dalam pengembangan jurus jurus PS. pembagian tugas semacam ini diharapkan agar peran PS dalam pembinaan ummat akan semakin signifikan.

Manakala ada didapatkan kesulitan bagi anggota PS untuk mengkonfirmasi jurus jurus PS sekaligus untuk mengetahui apakah Ia telah mendapatkan kompetensi yang seharusnya didapatkannya dari jurus jurus itu, maka pengampu mahdi berkewajiban secara klinis memberikan bimbingan kepada para anggota lainnya.  Apabila ada masalah masalah sosial yang dihadapi oleh para anggota ataupun bukan anggota, maka pengampu jurus sayhbandar berkewajiban melakukan ujicoba dalam rangka mencari pemecahannya dengan jurus jurus PS.

Apa yang dilakukan oleh pengampu mahdi dan maupun syahbandar, tentu harus dibawah naungan dan bimbingan pengampu payung rasul, dan pengampu payung rasul juga mencarikan jawabannya secara qurani, sehingga gerakan PS ini sejatinya adalah gerakan Qurani. Sehingga segala permasalahan baik itu menyangkut masalah jurus maupun problema sosial masyarakat bagi apara anggota PS maka al-Quran adalah solusinya, dan dengan jurus jurus PS sebagai medianya.

Emang apa kekayaan yang dimiliki dan jadi kebanggaan PS. sekali lagi saya katakan bahwa kekayaan yang tidak ternilai yang dimiliki oleh PS adalah jurus dengan triloginya gerak  lafas dan nafas. Para anggfota memiliki 99 macam kemampuan dan keistimewaan yang digali dari kekayaan PS itu. Dan apa yang dimaksud dengan jurus PS yang terdirio dari gerak las dan nafas itu telah dan akan terurai diberbagai tulisan di blog ini.

Dengan kekayaan PS yang tak ternilai ini maka PS memiliki potensi memberikan andil yang luar biasa dalam membangun peradaban ummat Islam, asalkan para anggota yunior pengampu jurus kasaran, halusan dan tikahan aktif membantu pengampu jurus mahdi dalam melakukan klinics jurus bagi anggotanya sehingga berhasil meraih kompetensi yang seharusnya dimilikinya. Dan juga aktif membantu pengampu syahbandar dalam menyelesaikan berbagai kasus sosial dengan memanfaatkan jurus jurus PS dan mendampingoi pengampu payung rasul dalam melakukan kajian kajian qurani dalam berdbagai aktivitas PS. Manakala itu semua telah kita laksanakan maka PS optimistis bahwa Indonesia akan menjadi pusat perdaban Islam sedunia.

Baca Juga :

Penulis: Fachruddin

Saya Fachruddin, District Advisory Team (DAT) pada PT. Tetira International Consultants Jakrta, Kerjasama dengan ADB dalam rangka Pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Penerapan SPM Dikdas, di Wilayah Suamtera Selatan. Saya mengelola Blog, dan menulis di Blog tersebut, walaupun tulisan hanya tulisan populer, dan tidak terlalu mendisiplinkan diri dalan kaidah ilmiah. Namun diharapkan tulisan tersebut dapat dijadikan bahan saya berkomunikasi dengan para pihak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s