Ilmu PS Tak Bertepi.

Fachruddin PS LampungIlmu PS tak bertepi ?.  Tanya seorang teman.

Ya … tak bertepi ! jawabku lantang dengan segala hormat.

Maka kami berduapun berdiskusi cukup lama sehingga penat rasanya memegang telepon celuler walau ringan adanya. Sahabat itu mengatakan bahwa dia telah membaca sebagian dari tulisan di Blog PS Lampung, tetapi setelah direnungnya ternyata banyak sekali bahasan yang belum aku dengar langsung dari Bang Asfan alm dahulu semasa Ia aktif beratih, begitu juga dengan Bang Zen sekalipun tak setiap kali datang ke Lampung sempat ditemuinya. Lalu apa dasar anda menulis di blog itu, tanyanya cemas.

Saya mengatakan bahwa inti segala inti ilmu PS itu adalah “Laailaaha Illallaah” maka semua yang sejalan dengan Laailaaha Illallah maka akan sejalan dengan ilmu PS sementara semua yang tidak sejalan dengan Laailaha Illallah maka akan bertentangan dengan ilmu PS. Itu pula sebabnya maka Bang Zen selaku Guru Besar mengatakan langsung kepadaku “Teruskan Menulis di Blog PS Lampung” karena saya yakin tulisan tulisan anda tidak akan keluar dari koridor PS yaitu koridor tauhid. Karena selama ini ketia telah banyak berbicara bersama dan pembicaraan belum pernah keluar dari koridor tauhid yang juga koridor PS yang berintikan Laailaaha Illallah.

Ada sejumlah senior yang menyatakan bertentangan dengan apa apa yang saya tuliskan di Blog PS Lampung dan bahkan isi blog dihimbau untuk dihapus saja dan tidak menulis lagi tentang PS. Hal ini sangat mungkin akan terjadi manakala slah satu diantara kami yang masih berseberangan itu masih menetapkan bukan Lailaaha Illallah sebagai core nya. Saya berharap pertentangan ini akan berakhir dengan sendirinya setelah masing masing memiliki kesepahaman bahwa Core ilmu PS adalah Lailaaha Illallaah. Dan dengan demikian berarti kami telah seoring sejalan.

Dengan Laailaaha Illallah maka ilmu PS itu sangatlah luasnya, bagaikan tak bertepi, ilmu PS itu tidak dibatasi oleh jurus jurus yang diajarkan oleh PS serta peruntukannya yang telah diterangkan oleh Guru Besar, sejatinya ilmu PS itu jauh lebih luas dari itu dan itu akan dicapai dengan tingkat kedekatan dengan Allah, itulah sebabnya Bang Asfan dan Bang Zen selaku Guru Besar sering sekali mengatakan bahwa guru besar PS yang sebenarnya adalah Al-Quran. Sementara kami ini hanya penyampai belaka. Itulah pula sebabnya Bang Zen juga mempertegas bahwa sesuatu yang masih dalam koridor al-Quran maka berarti juga dalam koridor PS. Menuntut ilmu PS yang sebenarnya berarti sedang melakukan study al-Quran.

Tidaklah seseorang anggota PS dikatakan mendalami ilmu PS jika tidak melakukan pendalaman ilmu Al-Qurannya. Mendalami ilmu PS itu sejatinya adalah salah satu cara untuk mendalami al-Quran dan memperluas wawasan kita tentang ilmu al-Quran. Memang ilmu PS itu belum termasuk daslam lingkup ‘Ulumul Quran” tetapi ilmu PS memiliki kedahsyatan tersendiri dalam melakukan study al-Quran.

Katahuilah bahwa tugas ilmu PS untuk membedah ilmu al-Quran itu belum terlalu banyak dilakukan, karena para senior mengira mereka tidak diperbolehkan melakukan ujicoba, padahal gunanya jurus jurus itu adalah merupakan media untuk mengujicobakan kebenaran isi al-Quran. Selaku anggota senior dalam PS anda pasti tahu sebenarapa jurus jurus PS yang anda ampu sekarang  itu telah anda gunakan untuk konfirmasi guna menunjukkan kepada orang lain bahwa al-Quran itu benar adanya.

Itulah sebabnya kita bersama perlu untuk saling mendorong dalam melakukan ujicoba ujicoba jurus PS. Memang tidak mngkin kita mampu melakukannya sekaligus, tidak mungkin. Tetapi dengan segala keikhlasan bukankah kita memiliki kemampuan untuk melakukannya sedkikit demi sedikit, sesuai dengan jurus yang kita ampu maka itu merupakan gambaran bahwa kita mampu menunjukkan kebenaran al-Quran dengan ilmu PS. Dan jurus kita yang sebenarnya kita ampu sejatinya seberepa luas dan dalamnya kebenaran al-Quran yang berhasil kita telusuri. Itulah sebabnya maka ilmu PS itu menjadi tidak bertepi.

Baca Juga :

Penulis: Fachruddin

Saya Fachruddin, District Advisory Team (DAT) pada PT. Tetira International Consultants Jakrta, Kerjasama dengan ADB dalam rangka Pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Penerapan SPM Dikdas, di Wilayah Suamtera Selatan. Saya mengelola Blog, dan menulis di Blog tersebut, walaupun tulisan hanya tulisan populer, dan tidak terlalu mendisiplinkan diri dalan kaidah ilmiah. Namun diharapkan tulisan tersebut dapat dijadikan bahan saya berkomunikasi dengan para pihak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s