Keterampilan Dan Bahasa Ilmu PS

Fachruddin PS LampungKuasailah bahasa Ilmu PS ! Demikian akhir sebuah penjelasan yang disampaikan  langsung oleh Guru Besar PS Bang Zen kepada para anggota PS Palembang setelah menjawab beberapa pertanyuaan terkait dengan berbagai keterampilan yang telah mampu dicapai oleh para anggota PS Palembang beberapa bulan yang lalu. Sungguh keterampilan dan mulai dari keterampilan dasar PS itu harus sejalan dengan penguasaan bahasa ilmu PS, sehingga apa yang terjadi, apa yang dilihat itu semua dapat difahami. Lalu darimana kita memiliki kemampuan memahami dan mengerti bahasa ilmu PS itu?, Yaitu dari pemahaman kita yang  memadai tentang agama Islam, karena semua ilmu PS adalah berlandaskan ilmu abama Islam, dan kita tidak boleh keluar dari koridor itu..

Keterampilan di PS harus disertai dengan pemahan ilmu Agama Islam, manakala tidak maka keterampilan itu nyaris tak ada manfaatnya, atau kalaupun dimanfaatkan akan tidak maksimal dan bahkan bisa kesasar. Semakin tinggi jurus yang kita ampu, semakin banyak keterampilan yang bisa kita kuasai, maka mutlak semakin dalam ilmu agama Islam yang harus dipahami. Dengan pemahaman terhadap ilmu agama yang mendalam maka semakin banyak hal yang mampu kta jelaskan segal sesuatu yang terjadi terkait pelaksanaan jurus jurus dan berbagai keterampilan PS.Semakin rendah pemahaman kita kepada Agama Islam semakin sulit kita menjelasjkan ilmu PS dan bahkan mungkin kitapun tidak pernah akan mengetrti dan paham dengan ilmu PS sekalipun sudah puluhan tahun kita berlatih.

Sebagaimana sering dikatakan oleh Guru Besar bahwa PS ini adalah tuntunan, untuk menuntun para anggota dan bahkan ummat manusia menuju keselamatan serta kesejahteraan. Artinya jurus PS adalah untuk menuntun ke jalan yang benar dan juga untuk menuntun mencapai kesejahteraan dalam hidup baik di dunia maupun diakhirat. Banyak keterampilan yang kita dapatkan dari PS tetapi kita memiliki pemahaman yang mendalam tentang ajaran Islam maka maka kita tidak akan mampu menjelaskan kepada orang lain, jangankan menjelaskan kepada orang lain kitapun akan sulit memahaminya untuk diri sendiri sekalipun. Dalam wakru yang bersamaan memiliki keterampilan dari PS tidak memliki pemahaman yang memadai tentang agama Islam, yakinlah bahwa keterampilan itu tidak akan berkembang, dan itu tetap akan drmikian  maka kita harus selalu mendalami ajaran Islam.

Islam mengajarkan bahwa ilmu itu harus kita amalkan, amal tampa ilmu adalah buta, dan ilmu tampa amal adal;ah lumpuh. Latihan jurus jurus PS yang diciptakan oleh Bang Asfan dan kawan kawan sebagai asistennya adalah upaya untuk mencegah agar ummat Islam tidak buta dan ummat Islam tidak lumpuh. Ummat islam harus memiliki kemampuan untuk melakukan atau sesuatu terkait kondisi ummat Islam, ummat Islam tidak boleh tinggal diam atas situasi yang sangat tidak menguntungkan bagi ummat Islam itu sendiri.

Dan Allah juga berfirman bahwa Tuhan tidak akan merubah nasib sebuah kolektifita bila individualitanya tidak berusaha merubah nasibnya. Oleh karenanya maka perjuangan PS adalah bagaimana caranya menciptakan manusia mansia sebagai individu yang selalu berusaha memperbaiki keadaan, sehingga Tuhanpun berkenan untuk merubah keadaan yang akan membawa ummat menuju perbaikan. Perbanyak keterampilan dan kuasai bhahasa PS, sehingga anda akan mampu berbuat sesuatu untuk ummat.  Itulah perjuangan PS yang sesungguhnya.

Palembang  20 Oktober 2014

Baca Juga :

Penulis: Fachruddin

Saya Fachruddin, District Advisory Team (DAT) pada PT. Tetira International Consultants Jakrta, Kerjasama dengan ADB dalam rangka Pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Penerapan SPM Dikdas, di Wilayah Suamtera Selatan. Saya mengelola Blog, dan menulis di Blog tersebut, walaupun tulisan hanya tulisan populer, dan tidak terlalu mendisiplinkan diri dalan kaidah ilmiah. Namun diharapkan tulisan tersebut dapat dijadikan bahan saya berkomunikasi dengan para pihak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s