Jurus PS Untuk memelihara Keimanan

Fachruddin PS LampungAdalah merupakan tanggung jawab kita bersama untuk memelihara keimanan ummat, memelihara keimanan ummat byukan hanya dengan nasehat nasehat sesuai nas al-Quran dan haddits, tetapi memeliharta keimaman ummat juga harus dengan pembinaan ekonomi ummat, sesuai dengan apa yang diajarkan dalam Islam bahwa kemiskinan itu akan menghampirkan seseorang dalam kekufuran, dengan demikian pada hakekatnya ummat Islam itu tidak boleh miskin.

Adalah kekeliruan yang besar apa yang banyak disampaikan para da’i dahulu yang selalu saja menceritakan bahwa Nabi muhammad SAW adalah orang miskin. Ini berasal dari sebuah doa yang sering dibaca oleh Easul, yaitu permintaannya menjadi kelompok yang “sedikit” , dan kata kata sedikit itu diartikan oleh banyak da’i sebagai miskin. Sehingga manakala seseorang mengalami kemiskinan dalam hidupnya merekapun merasa telah mengikuti sunnah Rasul. Sementara jelas jelas dijelaskan oleh Rasul sendiri bahwa kemiskinan bagi ummat Islam adalah ancaman akan lunturnya keimanan.

Padahal yang dimaksud dengan kelompok yang sedikit oleh Rasulullah adalah adalah kelompok orang yang pandai bersyukur, Allah sendirilah yang mengatakan bahwa orang yang pandai bersyukur itu jumlahnya sedikit sekali. Dan rasulk memohon kepada Allah agar Ia dimasukkan ke dalam kelompok yang sedikit itu. Tetapi memang ada kelompok yang senang menyimpangkan pengertian sesuatu sehingga ummat menjadi kesasar dalam bersikap, apa lagi dalam sebuah hadits disebutkan bahwa dunia adalah neraka bagi ummat Islam, dan merupakan syurga bagi orang kafir, lalu mereka mengekspressikan kemiskinan dalam hidupnya.

Mereka salah dalam manfsir. Pengertian yang sebenarnya adalah bahwa “Se senang-senangnya ummat Islam di dunia adalah merupakan neraka dibanding kesenangan di akherat kelak, dan se-sengsara sengsaranya orang kafir di dunia adalah merupakan syurga bagi orang kafir, karena di akherat kelak mereka akan jauh lebih sengsara dari itu”. Sehingga ummat Islam tidak boleh merasa nyaman dalam kesusahan, nyaman dalam ketertinggalan, kebodohan dan kemiskinan. Karena kemiskinan adalah merupakan ancaman lunturnya keimanan.

Oleh karenanya kita memiliki rasa tanggung jawab untuk mengentas ummat dari kemiskinan, dan PS memiliki jurus jurus yang memiliki kemampuan untuk mengentaskan umm,at dari kemiskinan itu, dengan cara mendekatkan diri kepada Tuhan, nanti Allah yang menjemputnya dan sekaligus membimbing kita semua menuju kesejahteraan dan terentaskan dari kemiskinan. PS bisa.

Baca Juga :

Penulis: Fachruddin

Saya Fachruddin, District Advisory Team (DAT) pada PT. Tetira International Consultants Jakrta, Kerjasama dengan ADB dalam rangka Pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Penerapan SPM Dikdas, di Wilayah Suamtera Selatan. Saya mengelola Blog, dan menulis di Blog tersebut, walaupun tulisan hanya tulisan populer, dan tidak terlalu mendisiplinkan diri dalan kaidah ilmiah. Namun diharapkan tulisan tersebut dapat dijadikan bahan saya berkomunikasi dengan para pihak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s