Mengajarkan dan Mempertahankan Ilmu PS Itu Harus Sabar

Fachruddin PS LampungDengan penuh semangat Bang Zen mengatakan kepada seseorang dalam suatu kesempatan di Palembang

Tulisan Pah Fachruddin ini di Blog nya sudah banyak   … Kata Bang Zen

Coba baca … lanjut Bang Zen menambahkan

Maaf Bang …. kata yang diajak bicara. Kalau saya ikut baca nanti tersesat saya, cukuplah saya latihan,  saya berkeringat dan saya sehat …, lalau beribadah …., katanya dengan segala keyakinannya. Bang Zen nampak terdiam dan tak lagi melanjutkan pembicaraannya tentang Blog, sementara pembicaraan yang lain belum diketemukan gagasannya. Bagi saya yang selalu mengisi Blog itu tidak merasa heran, karena sikap seperti itu adalah sikap sebagain besar anggota PS terlebih memang gaptek (gagap teknologi) banyak juga mereka yang ingin membacanya tetapi penguasaan teknologi menjadi hambatan. Dalam suatu pertemuan pernah saya bertanya langsung apakah mereka berkesempatan  membaca Blog PS Lampung, merekapun balik bertanya “Apa itu Blog …?”

Dengan terbata bata seseorang yang dahulu mengajak saya masuk PS menanyakan kebenaran perihal saya dipersilakan oleh senior untuk meninggalkan PS melalui facebook ataun tegasnya mengusir dari liongkungan PS, dengan penuh emosi sahabat tadi mengatakan bahwa Dia siap untuk menghadap Guru Besar agar tidak mengabulkan usulk para senior itu. Saya hanya tertawa saja, inilah akibat dari seseorang yang tidak memahami secara utuh apa permasalahannya tahu tahu sudah menentukan sikap, dan akan lebih lagi manakala sikap itu terbilang ekstrim. Dan akan lebih berbahaya manakala dalam kesempatan itu memang sengaja memberikan informasi yang berbau fitnah. Dengan nada bergurau katakan kepada teman tadi bahwa barangkali tulisan saya tentang PS di Blog ini bukan untuk mereka mereka yang sekarang yang setiap saat dapat berkomunikasi dengan Guru Beaar, atau secara periodik dan teratur dapat jumpa dengan Guru Besar sehingga apapun persoalannya setelah mereka menemui Guru Besar maka persoalanpun selesai sudah.

Tetapi bagi mereka yang sulit akan jumpa guru Besar, atau pada suatu saat situasi berubah dan siapapun mendapatkan kesulitan untuk jumpa langsung dengan Guru Besar maka pada saat yang demikian mereka sejatinya sangat membutuhkan tulisan tulisan para seniornya untuk mencari tahu perihal PS ini. Dan itu pula sebagai salah satu motivasi saya menulis di Blog. Saya ingin agar para senior yang memiliki kesempatan untuk menulis agar menyempatkan diri untuk menulis tentang PS dan kami menyediakan ruang untuk itu. Saya sempat memuat tulisan tulisan di Blog yang memiliki durasi yang memadai sehingga ada informasi yang relatif untuk disampaikan dlam tulisan itu maka tulisan kami muat di blog, tetapi nampaknya tidak semua senior yang menulis lalu bersedia tulisannya dipublikasikan melalui blog ini agar dapat dibaca para anggota.

Saya menghimbau admin Group FB PS Lampung agar tidak menghapus apapun yang dituliskan oleh para senior di Graoup itu, sekeji apapun tulisannya, bagi saya itu bisa saja  suatu sat justeru menjadi inspirasi bagi saya untuk menulis. Saya mencatat dengan baik nama nama senior yang sering melontarkan kata kata yang tak senonoh, dan hampir secara kesluruhan kata kata itu ditujukan kepada saya secara pribadi, dan ada juga beberapa diantaranya ditujukan kepada orang lain, dan ketika saya klonfirmasi  kepada yang bersangkutan, ternyata yang bersangkutanpun menyatakan tak masalah namanya dicoreng morengi oleh orang orang tersebut. Saya yakin mereka masih muda, dan mereka sejatinya tidak tahu dengan apa yang mereka katakan dalam komentar komentar itu, nanti mereka juga akan terbawa oleh usia serta pengalaman dalam berorganisasi dan berlatih PS, mereka insya Allah akan mengalami kematangan secara bertahap, setelah dalam organisasi dibebani tugas, nanti mereka baru akan menyadari betapa luasnya cakrawala ini, dan ketika ilmu PS itu akan dimanfaatkan untuk ikut ambil bagian dalam persoalan ummat Islam yang sangat komplek ini. Pada saat itulah mereka membutuhkan tulisan tulisan yang berisikan pemikiran para senior PS yang juga memiliki pengalaman dalam menyeklsaikan atau mengatasi sebuah persoalan dengan ilmu PS nya. Sorry belum selesai bos … nanti disambung lagi

Penulis: Fachruddin

Saya Fachruddin, District Advisory Team (DAT) pada PT. Tetira International Consultants Jakrta, Kerjasama dengan ADB dalam rangka Pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Penerapan SPM Dikdas, di Wilayah Suamtera Selatan. Saya mengelola Blog, dan menulis di Blog tersebut, walaupun tulisan hanya tulisan populer, dan tidak terlalu mendisiplinkan diri dalan kaidah ilmiah. Namun diharapkan tulisan tersebut dapat dijadikan bahan saya berkomunikasi dengan para pihak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s