Dunia Bisnis, Kata Bang Asfan almarhum.

Fachruddin PS LampungKalau dihitung persentase konten ceramah Bang Asfan almarhum selaku Guru Besar PS, maka pembicaraan untuk berpretasi di dunia bisnis maksimal disekitar 20%, tetapi menurut penangkapan saya sejatinya beliau ingin bicara banyak tentang dunia bisnis, namun kesibukannya sebagai Guru Besar yang setiap kali perjalanan yang dimulainya dari Ujung Pandang dan berakhir di Medan, lalu kembali ke Yogyakarta kurang lebih membutuhkan waktu sebulan. sebulan berikutnya membenahi Yogyakarta dan bulan berikutnya kembali melakukan perputaran. Begitu seterusnya, sehingga wajar saja bila beliau tak sempat mendalami permasalahan yang dihadapi oleh ummat Islam dalam dunia bisnis.

Namun demikian saya sempat menghitung durasi beliau berceramah, dan dalam durasi itu berdasarkan data saya pada saat itu, pembicaraan mengenai dunia bisnis yang lepas dari genggaman ummat Islam, dan pada saatnya nanti kita akan pikirkan bagimana ummat Islam kembali berkiprah dalam dunia perniagaan di Indonesia tercita ini, kata Bang Asfan penuh keyakinan. Jurus kita ini luar biasa kata beliau, dua orang yang berlatih bersama, dilatih oleh pelatih yang sama, dalam waktu dan tempat bersamaan, tetapi hasilnya bisa beda. Yang satu dapat A, sementara yang satu lagi mendapatkan B.

Belum banyak beliau membahas tentang kaitannya jurus jurus PS ini dengan dunia bisnis atau perniagaan. Tetapi pada suatu saat para senior PS kata beliau dalam kesempatan ngobrol sambil menantikan datangnya peswat yang akan beliau tumnpangi ke Jakarta, untuk selanjutnya menuju Palembang, beliau mengatakan suatu saat kalian semua akan menemukan hubungannya jurus jurus kita ini dengan dunia perdagangan. Orang orang  dengan ilmu psiologi sosial telah mempelajari bagaimana caranya menguasai psikologi pembeli/ pelanggan, dan bukan tidak mungkin pada suatu saat justeru kalianlah yang menemukan bagimana caranya dengan jurus jurus PS ini.

Pada saat yang lain bang Asfan mengomentari bagaimana kuatnya rasa persatuan pendatang minoritas Cina/ Tiongkok, mereka hanya meu membeli kebutuhan mereka sedapat mungkin harus dibeli juga dari toko milik pendatang Tiongkok juga, dan apalabila toko yang dimaksud tutup, maka ditunggu keesokan hanrinya, dan manakala masih belum buka juga, maka ditunggo hari besoknya sampai buka, demikian kokohnya persatuan ini. Sementara kita kata Bang Asfan memiliki ukhuwah yang lebih kuat, kenapa tidak kita terapkan ukhuwah itu dalam perniagaan.

Banyak ceramah beliau tentang perniagaan yang sungguh mengetuk hati, terdetak dihati saya sejak saat itu bahwa pada suatu saat saya akan mengajak teman teman melakukan ujicoba bagimana caranya memanfaatkan jurus jurus ini terkait dunia perdagangan, saya yakin ini bukanlah kelenak keleni, tetapi ini adalah ilmu perniagaan. Saya yakin jurus PS bisa.

Dan memang kenyataannya bisa, selakan belajar kepada Bapak Sofyan, tingkat halusan yang selalu konsultasi kepada pengurus manakala usahanya menemukan prahara, hingga saat ini alhamdulillah beberapa prahara yang dirasakan sangat menghambat dan mengancam keberlanjutan usaha itu, ternyata dengan jurus PS persoalan itu dapat diselesaikan satu persatu. Menmgapa anda tidak mau mencobanya, sekali lagi belajarlah kepada Pak Sofyan PS Lampung.

Penulis: Fachruddin

Saya Fachruddin, District Advisory Team (DAT) pada PT. Tetira International Consultants Jakrta, Kerjasama dengan ADB dalam rangka Pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Penerapan SPM Dikdas, di Wilayah Suamtera Selatan. Saya mengelola Blog, dan menulis di Blog tersebut, walaupun tulisan hanya tulisan populer, dan tidak terlalu mendisiplinkan diri dalan kaidah ilmiah. Namun diharapkan tulisan tersebut dapat dijadikan bahan saya berkomunikasi dengan para pihak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s