Permohonan Maaf Kepada Bang Zen

Fachruddin PS LampungAdalah sepantasnyadalam kesempatan ini kami menyampaikan permohonan maaf kepada Bang Zen selaku Guru Besar PS. Karena sudah sekian lama beliau meminta saya pribadi banyak banyak menulis tentang PS, sehingga wacanapun berkembang dilingkungan PS, dan yang lebih penting agar para anggota PS yang memiliki wawasan lebih luas tertarik untuk menulis tentang PS, dengan banyaknya tulisan yang ditulis sendiri oleh para anggota PS maka Guru Besar meyakini akan berdampak positif bagi perkembangan PS itu sendiri. Dua pertemuan kami yang terakhir di Palembang, dua kali pula beliau mengulangi himbauan itu, tetapi sejak itu pula tulisan kami kurang produktif, mungkin diakibatkan beberapa alasan subjektif.

Memang admin telah meminta kepada anggota PS lainnya untuk mengirim tulisan untuk dmuat di Blog ini, tetapi harapan itu tak kunjung datang, ada beberapa tulisan di facebook group Lampung yang memiliki durasi yang yang cukup panjang, tetapi belakangan para pemilik nama meminta untuk dihapus karena tidak melalui prosedural, dan ini dianggap pelanggaran etika yang cukup serius. Maka bila anda membaca tulisan di Blog ini akan terkesan ini merupakan Blog pribadi, bukan Blog milik PS Lampung.

Sejumlah para anggota PS Lampung yang semula gencar menampilkan tulisan  dari Blog ini justeru memilih tiarap, dan memilih undur diri dari keterlibatannya dalam berdiskusi karena tak tahan dengan reaksi dari para senior. Keterangan Guru Besar yang mengatakan bahwa itu hanya akibat dari tidak saling mengenal antara satu dengan yang lain. Sementara Guru Besar sendiri sangat mempercayai manfaat yang positif manakala terjadi diskusi secara elegan diantara para anggota aktif yang telah belasan bahkan puluhan tahun di PS. Justeru PS akan mendapatkan efek yang negatif manakala PS didiskusikan dengan mereka yang belum atau tidak masuk PS terlebih dahulu.

Tradisi bebas berfikir dan berdiskusi diyakini oleh berbagai pihak memiliki efek positip. Pernah pada suatua era ummat Islam  memiliki tradisi berfikir dan berdiskusi, dan hasilnya penjadi luar biasa, Islam menjadi penyelamat ilmu yang berkembang dari abad kuno hingga abad tengah. Beberapa nama muncul sebagai tokoh pemikir yang berjasa bagi dunia ilmu, sebutlah beberapa nama yang muncul pada saat itu antara lain Al-Kindi, Al-Farabi, Ibnu Sina dan lain lain. Mereka bukan hanya mengutip pendapat filosof Yunani Kuno, tetapi mereka juga mengembangkan ilmu ilmu baru, dan mereka pulalah yang melahirkan istilah ilmu Filsafat, sebagai induknya segala ilmu itu.

Secara pribadi saya menangkap itulah latar belakang mengapa Bang Zen meminta saya terus menulis dan menulis lagi, sehingga dalam jumlah tulisan yang sebanyak banyaknya tentang PS dan pada saatnya kelak justeru tulisasn tulisan itu akan banyak dikejar oleh mereka yang ingin mengetahui lebih banyak tentang PS, dan bisa pula sebagai  informasi pelengkap bagi mereka yang ingin mendapatkan informasi tentang Islam melalui sisi tertentu.

Tulisan ini akan saya sudahi dengan sekali lagi memohon maaf kepada Bang Zen karena akhir akhir ini saya kurang produktif dalam menulis, dan sekaligus mengajak para senior PS yang memilki banyak pengalaman tentang PS untuk menulis tentang PS seperti yang diharapkan oleh Guru Besar, jangan sampai penulisan tentang PS kedahuluan oleh orang orang di luar PS, karena hampir dapat dipastikan penulisan tentang PS oleh orang luar PS akan cenderung bias. Wallohua’lam bishowab.

Penulis: Fachruddin

Saya Fachruddin, District Advisory Team (DAT) pada PT. Tetira International Consultants Jakrta, Kerjasama dengan ADB dalam rangka Pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Penerapan SPM Dikdas, di Wilayah Suamtera Selatan. Saya mengelola Blog, dan menulis di Blog tersebut, walaupun tulisan hanya tulisan populer, dan tidak terlalu mendisiplinkan diri dalan kaidah ilmiah. Namun diharapkan tulisan tersebut dapat dijadikan bahan saya berkomunikasi dengan para pihak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s