Bang Asfan : Binalah Anak Anak Sejak Usia TK.

Fachruddin PS LampungAda kebiasaan Pengurus PS Cabang lampung, yaitu menampilkan anak anak murit mengaji di bengkel PS, usia mereka mulai dari usia TK/PAUD hingga SD. Tak terhindarkan maka Bang Asfan selaku Guru Besarpun angkat bicara, seraya mengeluarkan perintah yang isinya bahwa PS harus juga memiliki keterampilan untuk membina anak anak mulai dari TK/ PAUD.

Pernah teman teman dijajaran pengurus saya ajak bicara, tetapi pada saat itu tak ada gagasan yang mampu kami tampilkan, untuk dalam waktu yang sangat lama.

Sampai pada suatu saat apa yang disampaikan oleh Bang Asfan selaku Guru Besar harapannya bahwa pada suatu saat kalian harus mampu membina anak anak ini agar mereka menjadi generasi yang berguna, kata kata itu selalu terngiang, setiap kali melihat kumpulan anak anak seusia TK/PAUD maka kata kata harapan dari Guru Besar itu terngiang kembali.

Pada suatu saat terbetik pikiran bahwa untuk anak anak seusia itu, dan belum mampu menerima jurus jurus PS, harus segera dicarikan solusinya. Mereka harus segera merasakan manfaat dari jurus jurus PS sekalipun berbeda dengan jurus yang diberikan kepada anggota yang dewasa. Bisa bisa saja anak anak yang belum memenuhi sarat untu kemenrima jurus PS yang diperuntukkan bagi anggota dewasa dibuatkan semacam senam yang sangat ringan, sederhana sehingga gerakan senam itu sangat mungkin dilaksanakan sambil duduk di bangku masing masing.

Itulah sebabnya saya mengagas untuk melakukan ujicoba teralebih dahulu gerakan senam seperti apa yang memberikan efek perkembangan bagi anak. Kita harus melakukan ujicoba dalam rangka pendataan tentang efek grakan jurus PS, yang mana yang memberikan kemanfaatan bagi anak anak seusia yang belum memenuhi sayarat mendapatkan jurus PS itu. Kita bisa mengambil gerakan gerakan tertentu sebagai bagian dari gerakan PS yang memeberian efek pengembangan otak anak anak.

Kita tidak ingin membuat anak m,emiliki tenaga dalam, tetapi kita jga tidak ingin anak anak diberikan gerakan sia sia. Gerakan gerakan yang diberikan kepada anak anak di bawah umur dan belum memungkinkan menerima jurus PS hendaklah hendaknya diberikan gerakan yang memberikan efek bagi kecerdasan otaknya. Sebagai pengetahuan dasar yang harus kikta ketahui bahwa sesungguhnya gerakan tangan dan kaki kanan akan memberikan efek bagi otak kiri, sedangkan gerakan tangan dan kaki kiri akan memberikan efek bagi otak kanan. Tetapi gerakan yang seperti apa yang banyak memberikan efek bagi kecerdasan itu.

Penulis: Fachruddin

Saya Fachruddin, District Advisory Team (DAT) pada PT. Tetira International Consultants Jakrta, Kerjasama dengan ADB dalam rangka Pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Penerapan SPM Dikdas, di Wilayah Suamtera Selatan. Saya mengelola Blog, dan menulis di Blog tersebut, walaupun tulisan hanya tulisan populer, dan tidak terlalu mendisiplinkan diri dalan kaidah ilmiah. Namun diharapkan tulisan tersebut dapat dijadikan bahan saya berkomunikasi dengan para pihak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s