Bang Asfan : Peliharalah Ilmu Ini !

Fachruddin PS LampungSejak dahulu Guru Besar didepan anggota baru selesai ditutup setelah menamatkan sepuluh jurus kasaran selalu diamanati dengan kalimat : “Ilmu PS telah diberikan kepada Bapak Ibu dan Saudara Ilmu PS telah diberikan dan selanutnya Bapak Ibu Saudara harus memelihara dan mengembangkan ilmu ini”. Digaris bawahi bahwa tugas kita sebagai murid di PS ini adalah memilhara dan mengembangkan ilmu ini. Dan oleh pelatih kita dituntun cara memeliharanya antara lain dengan rajin berlati dan cara mengembangkannya adalah dengan cara menggunakan terus menerus jurus jurus itu.

Lebih lanjut diajarkan bahwa memelihara jurus ini selain dngan rajin berlatih harus rajin beribadah dan membaca, mengkaji al-Quranadalah,bakti kepada orang tua, rajin bersedekah dan seterusnya,   itu yang diajarkan oleh para senior kita. Lama tak ada jawaban lalu bagaimana cara mengembangkannya. Baru setelah sekian lama ikut berlatih, setelah sejumlah kawan kawan mengalami perkembangan yang pesat, memiliki berbagai kemampuan dasar PS secara lebih lengkap, setelah mengikuti aktivitas mereka terkait jurus PS, barulah dipahami bagaimana cara mengembangkan ilmu PS ini.

Ada pengalaman yang sangat memperihatinkan bagi beberapa orang anggota tim yang ditunjukl untuk mengikuti ujicoba jurus di PS Lampung, mereka yang ditunjuk sejatinya adalah mereka yang memilii keterampilan dasar ilmu PS, tetapi apa hendak di kata pada saat itu keterampilan tak jua muncul, ketika usai peragaan jurus Ia tak mampu menyampaikan sekelumit laporanpun, hal itu terjadi tentunya karena yang bersangkutan kurang memelihara dan mengembangkan ilmu yang sudah sempat diraihnya.

Cara memelihara ilmu ini selain harus mengikuti pelatihan sesuai jadual dan diutamakan latihan bersama maka diharuskan rajib beribadah, membaca al-Quran , serta melakukan serangkaian amal sholeh yang bukan hanya bermanfaat bagi diri sendiri tetapi terlebih juga bagi orang lain. Dalam serangkaian aktivitas amal sholeh itu maka jurus jurus PS harus digunakan juga, karena semakin jurus itu digunakan selain semakin tajam, maka peruntukan dari jurus itu menjadi berkembang ditangan kita.

Peruntukan jurus yang sering kita gunakan ternyata tidak hanya terbatas seperti apa yang telah disebutkan oleh para senior dan pelatih saja, tetapi  peruntukan itu ternyata bisa berkembang lebih banyak lagi, jurus jurus itu akan ditangan kita akan memiliki pengembangan peruntukannya seemikian rupa yang belum tentu dapat dilakukan oleh lain anggota. Karena peruntukan itu akan berkembang sesuai dengan derasnya jurus jurus itu kita pakai untuk kepentingan terutama untuk melepaskan permasalahan orang lain. Pakai terus jurus jurus itu, maka Ia akan berkembang dengan sendirinya.

Penulis: Fachruddin

Saya Fachruddin, District Advisory Team (DAT) pada PT. Tetira International Consultants Jakrta, Kerjasama dengan ADB dalam rangka Pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Penerapan SPM Dikdas, di Wilayah Suamtera Selatan. Saya mengelola Blog, dan menulis di Blog tersebut, walaupun tulisan hanya tulisan populer, dan tidak terlalu mendisiplinkan diri dalan kaidah ilmiah. Namun diharapkan tulisan tersebut dapat dijadikan bahan saya berkomunikasi dengan para pihak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s