Kado Ulang tahun ke 61

kartu lebaranSaya menganggap respon para pembaca Blog PS Lampung adalah sebagai kado ulang tahun ku yang ke 61, sebuah usia yang tak lagi muda, karena Rasulullah SAW wafat pada usia 63 tahun, berpijak dari situ berarti ada dua tahun tersisa. Tulisan di Blog itu bermula darti Himbauan bang Zen selaku Guru Besar. PS. Agar saya kembali menulis tentang PS setelah ada dua buku tentang PS sebelumnya telah saya terbitkan.  Awal tahun 2011 himbawan itu dilontarkan, Bang Anto dan Bang Ishak sebagai saksi hidup himbauan itu disampaikan. Tetapi pada bulan Maret 2011 Pengurus membuatkan Blog ini, dan mempersilakan saya mulai menulis.

Sungguh tak menyangka memang, ketika ada sejumlah tulisan ditampilkan di Blog itu, tiba tiba saja ada sejumlah pembaca yang membuly blog itu habis-habisan dengan cara yang tidak sekata kata, maaf bila mereka itu akan saya katakan sejumlah anak muda, yang jauh lebih sedikit jumlah asam garam hidup ini mereka kenyam di Banding kami berdua Bang Zen, selaku penganjur tulisan tulisan di Blog ini.

Setidaknya ada tiga kali saya menulis dan menjadi polemik di media massa, pertama ketika saya menafsir ulang Falsafah Piil Pesenggiri di Koran Harian Lampung Post, muncul belasan tulisan dan makalah baik yang dimuat koran maupun kami tampilkan dalam bentuk makalah yang kami tampilkan di berbagai kesempatan seminar. Kedua gagasan saya menentukan Bahasa Persatuan di Lampung untuk mempermudah anak anak siswa belajar aksara dan bahasa Lampung, juga polemik dimuat oleh Harian Lampung Post.

Tetapi respon para pembaca blog ini saya rasakan jauh lebih dahsyat, karena melibatkan sejumlah anak muda, muda usia pengalaman dan wawasan. Karena semangat yang menggebu gebu sehingga mereka tidak lagi mempertimbangkan secara cermat dalam memilih kata kata, terutama yang mereka tulis di media sosial, dunia maya. Dalam polemik yang kami lakukan di koran harian, melibatkan sejumlah pengamat/ peneliti Kebudayaan daerah, tetapi Blog ini komentar komentar juga diikuti oleh anak anak muda yang menulis tampa beban.

Sejauh pengalaman saya menulis di media massam sayapun mendapat pengalaman baru yaitu polemik, polemik adalah sesuatu yang sebenarnya tak direkayasa, tetapi muncul  demikian saja mengikuti artuis informasi. Tetapi sekali lagi respon para pembaca di Blog PS Lampung ini menjadi sepesial  dan dimata saya itu menjadi sesuatu yang sangat berharga, wajab bila itu saya anggap kado paling berharga diusia yang kini mencapai 61 Tahun.Tentu saja sebagai penulis saya memiliki kemerdekaan dan hak tersendiri yang harus dihormati dan tidak dinterfensi siapapun.

Kado yang sama sekali tidak pernah saya minta, tetapi kedatangannya sangat membanggakan saya, karena ada keseimbangan antara kelompok yang mendorong saya untuk tetap menulis, dengan kelompok yang membuly saya, serta kelompok yang diam diam menyatakan  selalu membaca postingan saya di Blog itu, dan sejumlah pembaca yang diam diam memilih meninggalkan  tulisan saya, demi utuk kelanggengan hubungan persahabahabatan dengan kelompok pembuly, dan sebagian lagi mereka sejatinya tetap membaca tetapi pura pura tidak. Keanekaragaman inilah yang membuat saya bangga dengan kado mahal ini, Saya mohon doa restu semua pihak agar saya masih tetap memiliki peluang menulis di sisa usia yang tentunya tak kan lama lagi, dibanding kebuituhan PS dengan tulisan tulisan, yang pada saat ini menurut Guru Besar sangat kurangnya. . terima kasih Bang Zen, terima kasih semua.

Penulis: Fachruddin

Saya Fachruddin, District Advisory Team (DAT) pada PT. Tetira International Consultants Jakrta, Kerjasama dengan ADB dalam rangka Pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Penerapan SPM Dikdas, di Wilayah Suamtera Selatan. Saya mengelola Blog, dan menulis di Blog tersebut, walaupun tulisan hanya tulisan populer, dan tidak terlalu mendisiplinkan diri dalan kaidah ilmiah. Namun diharapkan tulisan tersebut dapat dijadikan bahan saya berkomunikasi dengan para pihak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s