Paham Jurus PS (“Hanya”) Dengan Pengalaman

Fachruddin PS LampungBagi pengampu Payung Rasul Jurus PS itu adalah sepanjang hayat. karema dalam hidup seseorang akan selalu  menjumpai berbagai perubahan, perubahan itu akan terjadi disepanjang hayat seseorang, Ketinggian jurus di lingkungan PS memang  harus diimbangi dengan seringnya seseorang mengalami atau menghadapi berbagai perubahan itu, dan pengampu jurus puncak adalah orang orang yang mampu mengatasi perubahan itu di sepanjang hayatnya, karena di sepanjang hayat sesorang memang akan selalu terjadi perubahan.

Di dalam al-Quran yang juga kita pegang kokoh sebagai Guru yang sebenarnya bagi PS mengatakan bahwa orang yang memiliki kemampuan memahami berbagai perubahan itu disebut orang yang ‘Ulil Albaab’ yaitu orang yang memahami tanda tanda dibalik perubahan, antara lain perubahan yang terjadi antara siang dengan malam dan perubahan dari tiada menjadi ada, dan perubahan perubahan itu sejatinya terdapat tanda tanda  yang hanya nampu dipahami oleh orang yang ulil albaab, orang orang yang ulil albaab di lingkungan PS sejatinya adalah pengampu jurus Payung Rasul. Tanda ke-ulil albaab-an . seseorang adalah lontaran kata ” maakholakta haaza baatila ”  Ya Allah tidaklah sia sia Engkau menciptakan ini semua. Lalu menghantarnya untuk selalu ingat (zikir) kepada Allah dalam segala situasi dan kondisi.

Bagi seorang senior PS untuk mengetahui sesuatu adalah dengan jurus PS, dengan cara memanfaatkannya, dan dengan cara mengujicobakannya, berpengalaman memanfaatkan jurus PS dan banyaknya serta beragamnya hal hal yang diujicobakan, maka banyak temuan yang didapatnya. Dan temuan itulah nanti yang membuatnya lebih luas dan dalam penelusuran yang dilakukannya  sehingga menemukan titik akhir dari penelusuran itu. Titik akhir itu tiada lain adalah Allah Swt. Tiada peristiwa, situasi dan kondisi yang tidak membuatnya berzikir (ingat) kepada Allah.

Dengan demikian maka akan terlontarlah ucapan maa kholakta haaza baatila, bahwa Allah tidak sia sia menciptakan ini semua. Tetapi tampa memanfaatkan jurus jurus PS dan tampa mengujicobakan jurus PS maka akan membuat seorang senior PS menjadi minus pengalaman. Minus pengalaman akan membuatnya sulit menjadi ulil albaab. Sistem pengajaran PS itu adalah dengan praktik, yang disebut dengan praktik itu bukanlah  hanya sebatas berlatih jurus baik bersama maupun sendiri, tetapi justeru  pemanfatan  jurus jurus itu sesuai peruntukannya, serta mengujicobakannyha,  itulah yang dimaksud dengan praktik dalam PS.

Praktik jurus PS itu adalah untuk menimba pengalaman, pengalaman bagi anggota PS itu adalah sesuatu yang terkait dengan jurus jurusnya. Akumulasi pengalaman dalam berlatih jurus PS itu adalah mengacu kepada bagaimana Allah menyajikan al-Quran. Alquran itu adalah telah ada di lauhil machfuz, tetapi al-Quran diturunkan tahap demi tahap bahkan diawali dengan pristiwa. Pristiwa pristiwa itulah yang membuat manusia menjadi paham dengan isi wahyu itu. Tampa adanya pristiwa pristiwa itu maka akan sulit seseorang memahami al-Quran

Begitu juga dengan jurus PS,  harus dipelafari dan dipahami dengan pengalaman, sulit akan memahami jurus PS secara maksimal bila dalam berlatih jurus PS tidak menimba pengalaman, maka bagi kita sebagai anggota PS tampa pengalaman yang memadai  jangan diharapkita akan memahami jurus PS itu secara optimal. Wallohua’lam bishowab.

Baturaja Sumsel, 7 September 2015.

Baca Juga :

Penulis: Fachruddin

Saya Fachruddin, District Advisory Team (DAT) pada PT. Tetira International Consultants Jakrta, Kerjasama dengan ADB dalam rangka Pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Penerapan SPM Dikdas, di Wilayah Suamtera Selatan. Saya mengelola Blog, dan menulis di Blog tersebut, walaupun tulisan hanya tulisan populer, dan tidak terlalu mendisiplinkan diri dalan kaidah ilmiah. Namun diharapkan tulisan tersebut dapat dijadikan bahan saya berkomunikasi dengan para pihak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s