Ishak Saleh : Untuk Masa Depan Ummat, Truskan Menulis di Blog PS Lampung.

Fachruddin PS LampungSudah berulangkali Mas Ishak Saleh membisikan kepada saya untuk tetap menulis di Blog PS Lampung, dan jauh sebelumnya Bang Anto juga pernah menegur saya ketika dilihat pada blog sudah terlalu lama tidak ada postingan tentang PS di Blog PS Lampung, keduanya adalah saksi hidup ketika awal mula Bang Zen menghimbau saya menulis sebanyak banyaknya tentang PS karena sudah banyak anggota PS yang muda muda menanyakan langsung kepada Guru Besar untuk menanyakan ke mana mereka harus membaca tulisan tulisan ketika berniat mendalampi PS.

Tetapi permintaan dari Ishak Saleh menjadi istimewa karena disertai dengan komitmen untuk menautkan isi blog ke group di FB PS Lampung. Saya siap katanya menanggung semua resika akibat menautkan tulisan itu seandainya sejumlah anggota yant tak sependapat dengan tulisan tulisan itu. Karena ada sejumlah nama yang tak segan segan membuly penulis dan yang menautkannya di FB. Dilaporkan adanya sejumlah nama yang undur diri, dan tidak lagi ingin dikaitkan dengan apapun yang dituliskan dalam blog PS Lampung sebagai perwujudan rasa hormat kepada para senior yang jauh lebih tahu, faham dan mengerti tentang PS.

Tetapi Bang Anto dan Mas Ishak merasa memiliki beban moral atas keberlangsungan penulisan naskah yang memang dilaksanakan atas himbauan Guru Besar itu, walaupun keduanya menempuh jalan yang berbeda, tetapi intinya keduanya memiliki komitmen untuk pasang badan. Kegiatan tulis menulis perihal dasar, ilmu serta perjuangan PS memang sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi berbagai pergeseran dan perubahan dalam cara dan metode generasi sekarang dan mendatang untuk memahami sesuatu kelompok komunitas, kegiatan serta semangat yang dibutuhkan setiap individu, yang akan mengarungi kehidupan yang sejatimya memiliki tantangan yang lebih komplek.

Generasi mendatang banyak menghabiskan waktu untuk mengarungi informasi dengan memanfaatkan intrnet, tetapatnya generasi mendatang banyak yang menempuh proses belajar ilmu dan perjuangan PS dengan berbasis internet, oleh karenanya menampilkan blog untuk menyebar informasi adalah merupakan cara yang cukup efektif, memang pada sat sekarang ini masih sangat banyaknya mereka yang mengalami gagap teknologi, tetapi jumlah mereka yang gagap teknologi itu kenyataannya semakin lama semakin berkurang, keberadaan mereka sepenuhnya akan digantikan oleh generasi yang memanfaatkan informasi di internet sebagai sumber belajar.

Bila ingin PS ini berkembang, maka Ilmu PS, dan perjuangan PS itu adalah sesuatu yang harus dipublikasikan, dan PS harus menghimpun sejumlah senior untuk menyusun materi yang dapat menjelaskan segala sesuatunya prihal PS dengan memanfaatkan teknologi yang dapat mempermudah pemahaman tentang PS. PS bukanlah ilmu masa lalu, tetapi justeru lebih sebagai ilmu masa depan. Laailaha Illallah sebagai core adalah jaminan kecemerlangan masa depan. Dengan core Laailaaha Illalllah maka ilmu PS itu menjadi sangat luas dan menarik, untuk dibahas dari berbagai sisi, dan akan selalu uptodate. Saya, Mas Ishak dan Bang Anto, adalah bagian yang menginginkan PS bisa berkembang. Insya Allah.

(Baturaja, 27 Oktober 2015)

Baca Juga :

Penulis: Fachruddin

Saya Fachruddin, District Advisory Team (DAT) pada PT. Tetira International Consultants Jakrta, Kerjasama dengan ADB dalam rangka Pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Penerapan SPM Dikdas, di Wilayah Suamtera Selatan. Saya mengelola Blog, dan menulis di Blog tersebut, walaupun tulisan hanya tulisan populer, dan tidak terlalu mendisiplinkan diri dalan kaidah ilmiah. Namun diharapkan tulisan tersebut dapat dijadikan bahan saya berkomunikasi dengan para pihak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s