Jurus PS, Akademik dan Intuisi

Fachruddin PS LampungSeluruh gerakan pada jurus PS itiu semuanya luar biasa, seluruh gerakan tangan tangan kanan dan kaki kanan akan menghidupkan dan mengembangkan otak kiri, dan seluruh gerakan tangan kiri dan kaki kiri akan menghidupkan dan mengembangkan otak kanan,  Pada otak kiri terdapat logika dan akademis, sementara pada otak kanan terdapat kreativitas dan intuisi. Dengan demikian janganlah sekali kali meremehkan berlatih jurus PS, karena latihan demi latihan jurus akan besar sekali manfaatnya setiap seseorang yang melakukannya.

Tetapi bila kita menilik roses latihan secara keseluruhan, yang diawali dengan membaca do’a, lalu dengan kode dari pelatih kita mengatur pernafasan sambil memantapkan ikrar kepada Allah Sat, berarti rangkaian zikirpun dimulai, dan zikirpun tak terputus sepanjang pelaksanaan, pelatihan jurus, Dan pada sat mengakhiri pelatihan juruspun zikir tetap dilaksanakan. Itulah istimewanya jurus jurus PS, antara gerakan jurus dan zikir menjadi satu kesatuan, sebagai lambang bahwa zikir itu harus selalu ada dalam dinamika kehidupan setiap seorang dalam sehari harinya.

Bila kita melihat jurus PS secara keseluruhan, naka segera kita mafhum bahwa  jurus PS itu ternyata memberikan sisi lebih bagi upaya menghidupkan dan mengembangkan otak kanan, yang antara lain berisikan kreativitas dan intuisi, dengan pengertian bukan berarti tidak memberikan perhatian kepada otak kiri yang antara lain berisikan kogika dan akademik. Otak kanan dan otak kiri sejatinya sama penting, hanya saja dalam jurus PS, memberikan perhatiannlebih pada otak kanan.

Akademik dan intuisi sejatinya di mata PS adalah sama penting, terlihat dari kesamaan forsi gerakan kaki dan tangan kiri sama dengan forsi gerakan kaki dan tangan kanan. Tetapi letak bedanya adalah aktifitas spiritual dalam berlatih jurus PS lebih berpengaruh bagi otak kanan yang antara lain berisikan krativitas dan intuisi. Karena dalam beragamapun lebih menggunakan otak kanan dan intuisi kita.

Jurus PS memberikan efek menghidupkan dan menajamkan otak kiri, artinya jurus PS juga memberikan andil untuk menhidupkan dan menajamkan otak kiri. Upaya untuk kecerdasan logika dan akademik kita bisa memanfaatkan jurus PS. Tetapi pada saat ini kita justeru kita sedang lebih membutuhkan otak kanan yang antara lain berisikan berisikan kreativitas dan intuisi. Dengan intuisi kita akan lebih mudah menerima agama dibanding logika dan akademik. Karena logika dan akademik membutuhkan informasi yang linier. Sementara agama pun akan lebih mudah menerima dan menghayatinya dengan intuisi.

Dan ada satu lagi istimewanya intuisi, yaitu bahwa intuisi itu sangat dibutuhkan dalam berniaga, dalam sukses berniaga bukan logika dan nilai akademik melainkan intuidilah yang lebih berperan. Dengan dimikian maka berarti jurus PS ini sejatinya adalah kekayaan Islam yang dapat mencerdaskan ummat, dan selain itu melalui jurus PS juga kita bisa melahirkan para anggota yang memiliki peluang untuk terjun ke dunia bisnis dan perniagaan.  (Sekayu, 3 November 2015)

Penulis: Fachruddin

Saya Fachruddin, District Advisory Team (DAT) pada PT. Tetira International Consultants Jakrta, Kerjasama dengan ADB dalam rangka Pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Penerapan SPM Dikdas, di Wilayah Suamtera Selatan. Saya mengelola Blog, dan menulis di Blog tersebut, walaupun tulisan hanya tulisan populer, dan tidak terlalu mendisiplinkan diri dalan kaidah ilmiah. Namun diharapkan tulisan tersebut dapat dijadikan bahan saya berkomunikasi dengan para pihak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s