Paham Ekstrapolation = Ulil Albaab

Fachruddin PS LampungDalam seminggu ini ada 500 orang pengunjung Blog PS Lampung, dan seorang pengunjung membaca beberapa judul dari tulisan yang ada di blog. Nampaknya pengunjung  bukan hanya anggota PS, tetapi ada juga dari luar PS. Salah seorang pengunjung menghubungi saya via telepon celuler. Dia mengatakan bahwa yang bersangkutan adalah pengunjung di blog ini, dari gayanya bicara meyakinklan saya bahwa yang bersangkutan bukan anggota PS. karena saya mulai paham bagaimana cara dan gaya para senior PS dalam menanggapi tulisan saya di blog ini.

Yang bersangkutan mengaku sudah tidak sabar untuk membaca tulisan dalam menjelaskan mengerti dan paham dalam versi PS. Saya katakan bahwa saya akan menjelaskan mengerti dan paham dengan jurus PS itu terdiri dari beberapa tulisan, dalam satu tulisan terdiri dari sekitar 500 sampai dengan  600-an  kata, hal ini untuk menghindari rasa lelah pembaca. Maka penjelasan biasanya saya cantumkan pada tulisan tuliosan berikutnya

Ternmyata penelepom bersangkuta meminta saya malam ini juga untuk menulis tambahan, yang bnersangkutan mengaku bahwa dengan tulisan tulisan yang ada dia hampir menangkap benang merahnya. Dia meminta kepada saya untuk menuliskan kata padanan, yang mendekati pengertian dari tulisan saya menangkut masalah paham cara PS.

Secara singkat saya katakan bahwa PS itu merujuk pada al-Quran dan hadits. Dalam al-Quran disebutkan bahwa sesungguhnya terjadinya pergantian pergantian pada alam ini adalah mengandung sebuah pesan tersembunyi yang hanya dapat dipahami, ditafsirkan dan ditelusuri apa apa yang tersimpan dibalik berbagai perubahan itu. oleh orang yang ulil albab.

Lalu dalam al-Quran juga dijelaskan bahwa mereka yang ulil albab itu adalah orang yang selalu melaksanakan zikir sir. pada saat berdiri atau beraktivitas, ada saat duduk atau merenung, dan bahkan padfa saat tidur atau beristirahat. Artinya zikir sir dilaksanakan disemua situasi.

Pada saat manusia / Adam akan dijadikan Kholifah atau wakil Allah di muka bumi ini Malaikat melancarkan sinyalemen bahwa manusia tak akan mamp[u mengemban amanah sebagai Khalifah, apalagi jabatan Khalifah di tawarkan kepada laut, tiba tiba laut menjadi kering, pada saat Jabatan Khalifah ini di tawarkan kepada gunung, maka gunungpun meletus, lalu apakah sosok manusia yang lemah itu memiliki kemampuan menerimanya.

Untuk menjawab sinyalemen itu maka Allah melakukan vit and properttest, Malaikat terlebih dahulu ditanyakan tentang nama nama benda di alam ini serta menjelaskan manfaat serta cara memanfaatkannya, Karena Malaikat tak tahu jaweabannya, maka Malikat menyatakan tak sanggup mengikuti fit and propertest ini dengan menmgatakan “Laa ‘ilmalana illa maa ‘allamtana” kami tidak mengetahui tentang sestu kecali diajari terlebih dahulu.

Ketika fit and properttes tiba giliran dilakukan kepada manusia, maka Nabi Adam dengan lancarnya menjelaskan tetnang nam,a nama barang serta manfaat dan cara memanfaatkan  benda benada itu. Itulah keunggulan manusia, manusia memiliki kesanggupan menerima berbagai sinyal dari Allah, tergantung kesungguhannya dalam belajar.

Orang yang ulil albaab kata Allah adalah orang yang mampu memahami sesuatu yang tersembunyi, sesuatu yang tidak dipertunjuukkan kepada manusia secara umum, seperti adanya siang dan berganti malam, adanya terang lalu berganti gelap, sejatinya dalam pergantian itu ada sesuatu yang tersembunyi. Alam ini penuh dengan pergantian. Nah dibalik perghantian itu ada sinyal sinyal dari Allah, dan cara untuk memahami sinyal itui adalah dengan intuisi,

Dan dengan intuisi itulah nantinya manusia akan menemukan jawaban jawaban dari peristiwa pergantian atau dinamika alam ini shingga sampai pada kesimpulan, bahwa semua yang diciptakan Allah tak ada yang sia sia.  Wallohu a’lam bishowab. (Palembang,  8 November 2015)

Penulis: Fachruddin

Saya Fachruddin, District Advisory Team (DAT) pada PT. Tetira International Consultants Jakrta, Kerjasama dengan ADB dalam rangka Pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Penerapan SPM Dikdas, di Wilayah Suamtera Selatan. Saya mengelola Blog, dan menulis di Blog tersebut, walaupun tulisan hanya tulisan populer, dan tidak terlalu mendisiplinkan diri dalan kaidah ilmiah. Namun diharapkan tulisan tersebut dapat dijadikan bahan saya berkomunikasi dengan para pihak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s