Anggota PS mungkinkah mencapai Ulil Albaab

إِنَّفِي خَلْقِالسَّمَاوَاتِوَالأَرْضِوَاخْتِلاَفِاللَّيْلِوَالنَّهَارِلآيَاتٍلِّأُوْلِيالألْبَابِالَّذِينَيَذْكُرُونَاللّهَقِيَامًا Fachruddin PS Lampung
وَقُعُودًاوَعَلَىَجُنُوبِهِمْوَيَتَفَكَّرُونَفِيخَلْقِالسَّمَاوَاتِوَالأَرْضِرَبَّنَامَاخَلَقْتَهَذا     بَاطِلاًسُبْحَانَكَفَقِنَاعَذَابَالنَّارِ
Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi Ulil Albab. (Yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka”. (Ali Imran: 190-191)
Dengan nada seperti hampir putus asa seorang teman sesama anggota PS bertanya kepada saya  apakah dia mungkin dapat mencapai tahapan ulil albaag itu dengan memanfaatkan ilmu PS.
Saya bilang,  Bisa … !
Diapun terhenyak  seperti tak percaya. Saya tak  mampu membayangkan bagaimana saya menyandang derajat ulil albaab itu …, katanya.
Saya sebenarnya tersenyum, tetapi saya sembunyikan senyuman itu saya ingin tahu apa reaksinya.
Tak mungkin …! Katanya tiba tiba, kini giliran saya terhenyak.
Lalu saya tambahkan :
Untuk menjadi PS yang Mengerti dan paham atau ulil albaab seperti apa yang dikehendaki dalam al-Qutran pertama kali adalah menjadi ahlul ibadah, lalu menguasai ilmu pengetahuan secara pendalam. kuasai benar benar ilmu itu dengan segala lika likunya, mulai dari falsafahya hingga perkembanganya dari dahulu mula pertama berkembang hingga perkembangan terakhir.
Lalu pandanglah ilmu pengetahuan yang kita dalami itu dengan kacamata al-Quran dan hadits. Bila anda mendalami ilmu ekonomi maka intergarsikan ilmu ekonomi itu dengan ilmu agama. Nanti Allah akan meninggikan anda beberapa derajat di atas orang orang pada umumnya. Orang orang yang berilmu jauh lebih mulia dari orang yang tak berilmu, atau berilmu tetapi tak mendalam.
Setelah berilmu kita juga harus hidup sejahtera, capailah hidup sejahtera dengan ilmu yang kita miliki,  kesejahteraan ditandai dengan kecukupan, kecukupan bisa diketahui dengan indikator kemampuan untuk berbagi, kita memiliki kemampuan untuk berbagi, karena kita memiliki kelebihan.
Jadilah seseorang yang selalu melakukan penganalisaan survey, pengkajian dan penelitian terkait disiplin ilmu yang kita dalami  secara terus menerus, dan dalam itu maka manfaatkanlah jurus jurus PS sebagai alat penelitian, pengkajian atau survey yang dilakukan itu. Semakin banyak aspek yang kita kaji, survey ataupun penelitian, dengan jurus jurus PS maka insya Allah kita akan menjadi ulil albaab, dengan ilmu PS.
Tulisan singkat ini tentu sangat tidak memadai untuk menjelaskan bagaimana mencapai ulil albaab dengan jurus PS. Maka nanti akan lebih diperkaya melalui beberapa tulisan tulisan lainnya, sehingga ada sedikit gambaran bagaimana mencapai ulil albaab itu dengan jurus PS. Insya Allah.

 

Penulis: Fachruddin

Saya Fachruddin, District Advisory Team (DAT) pada PT. Tetira International Consultants Jakrta, Kerjasama dengan ADB dalam rangka Pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Penerapan SPM Dikdas, di Wilayah Suamtera Selatan. Saya mengelola Blog, dan menulis di Blog tersebut, walaupun tulisan hanya tulisan populer, dan tidak terlalu mendisiplinkan diri dalan kaidah ilmiah. Namun diharapkan tulisan tersebut dapat dijadikan bahan saya berkomunikasi dengan para pihak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s