Mohon Diri, Untuk Melaksanakan Ibadah Haji

Fachruddin PS LampungDi lingkungan anggota PS Semakin banyak berbuat untuk PS, semakin terbuka peluang melakukan kesalahan, semakin banyak berbicara dan menulis tentang PS semakin banyak peluang untuk mengalami kekeliruan. Hal itu akan terjadi kepada siapa saja yang melakukannya. Namun demikian bukan berarti para anggota PS  yang tidak pernah melakukan sesuatu  untuk PS dan tak pernah pula mengatakan sesuatu serta tak pernah pula penulis  sesuatu tentang PS, serta merta akan dianggap lebih baik, karena bila kita merujuk  kepada tuntunan agama maka seseorang anggota PS akan disebut anggota yang baik adalah anggota yang lebih besar manfaatnya untuk PS. Tetapi bagaimana mungkin seseorang akan dikatakan bersar manfaatnya bagi PS bila Ia tak pernah melakukan sesuiatu untuk PS.

Saya menyadari sebagai anggota yang memang diminta untuk banyak menulis tentang PS maka dapat dipastikan bahwa saya terbuka peluang banyak mengalami kesalahan tulis dibanding yang lain, apalagi dibanding sahabat sahabat yang jarang menulis atau apalagi memang tak pernah menulis sama sekali. Namun demikian sambil menunggu penulis PS lainnya yang lebih baik dalam menulis tentang PS, maka saya memang tak akan pernah jera dalam menulis tentang PS, karena tulisan saya tentang PS bukan hanya semata ditujukan bagi para anggota PS, tetapi lebih ditujukan kepada para pembaca yang gemar membuka internet.

Sudah terlalu banyak tulisan tulisan  tentang PS yang tersebar diberbagai blog dan web milik mereka yang gemar memfitnah PS, maka tulisan saya adalah sebagai bandingan dari fitnah fitnah itu, agar para pembaca memiliki bacaan bandingan dalam upaya mencari kebenaran. Saya memang menghindari perdebatan dalam menulis, karena perdebatan itu menurut ajaran agama akan kehilangan objektivitas, karena dalam perdebatan tujuannya tak lain hanya mencari kemengan belaka, bukan kebenaran.

Di zaman sekarang ini orang membutuhkan tulisan kata Bang Zen sebagai Guru Besar, maka saya minta menulislah terus tentang PS. Maka sejak itu pula saya menulis tentang PS sebisa saya, sebatas kemampuan saya dalam menulis, selama ini saya tidak banyak memasukkan unsur subjektivitas gagasan dalam menulis sehingga tulisan itu dianggap lebih lebih murni, tulisan tulisan saya lebih banyak mengacu kepada ceramah Guru Besar Pendiri PS Bang Asfanuddin Panjaitan almarhum (semoga diterima Allah segala amalnya).

Gagasan murni dari saya hanya saya selipkan sedikit sedikit diantara tulisan tulisan itu, yang dengan tulisan itu manakala diikuti secara runtut, saya yakin sudah tertangkap kemana arahnya. Permohonan maaf saya sampaikan bahwa akhir akhir ini saya jarang menulis, itu karena kesibukan sedang memuncak saja. Masih ada hal hal sebenarnya masih ingin saya sampaikan.

Saya berharap tulosan ini bukan tulisan saya yang terakhir tentang PS, saya hanya sekedar pamit untuk melaksakan ibadah haji, membakdalkan orang tua saya, ayah saya almarhum, beliau pada masa hidupnya telah berniat dan bahkan telah mendaftar untukmelaksanakan ibadah haji, tetapi beliau dipanggil Allah Swt, sebelum niat melaksanakan ibadah haji  kesampaian,  keluarga besar meminta kepada saya untuk menghajikan orang tua, dan itu saya sanggupi.

Namun demikian mengingat perjalanan ini perjalanan yang berat, maka ijinkanlah saya memohon pamit, dan mohon maaf atas segala kekhilafan khususnya terkait dengan tulisan tulisan saya tenyang PS yang bisa terjadi memgalami kekeliruan, baik kecil maupun kekeliruan besar. Kesediaan anda semua memaafkan saya dan mendoakan saya akan sangat besar artinya dalam kesempurnaan ibadah yang akan saya lakukan. Tidak ada tanggapan para anggota PS yang saya anggap keliru, dalam merespon tulisan saya, semua benar adanya.

Terima kasih atas perhatiannya, terima kasih atas maafnya, dan terima kasih atas doanya,  ijinkan saya dan isteri melaksanakan perjalanan ibadah ini, saya bermohon Allah akan membalas dan bahkan melipatgandakan kebajikan kebaikan anda semua, dan Allah juga akan mengampuni semua kesalahan anda, sengaja maupun tidak sengaja, dahulu, sekarang, maupun yang akan datangh. Amin.

Palembang, 26 Agustus 2016.

 

 

 

 

Penulis: Fachruddin

Saya Fachruddin, District Advisory Team (DAT) pada PT. Tetira International Consultants Jakrta, Kerjasama dengan ADB dalam rangka Pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Penerapan SPM Dikdas, di Wilayah Suamtera Selatan. Saya mengelola Blog, dan menulis di Blog tersebut, walaupun tulisan hanya tulisan populer, dan tidak terlalu mendisiplinkan diri dalan kaidah ilmiah. Namun diharapkan tulisan tersebut dapat dijadikan bahan saya berkomunikasi dengan para pihak. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s