Ketinggian Jurus PS Dan Kapasitasnya

Fachruddin PS LampungDalam belajar Ilmu PS kita terdiri dari tingkat tingkat, mulai dari kasaran, halusan, tikahan, mahdi, syahbandar dan payung rasul. Tingkatan tingkatan itu menunjuukkan kapasitasnya. Kapasitas kapasitas itu adalah menunjukkan besarnya daya tampung ilmu yang dapat dikasesnya melalui jurus jurus PS. Jurus jurus yang lebih tinggi memiliki kapasitas yang lebih besar dari jurus yang lebih rendah. Yang nanti dalam praktiknya juga akan tergantung apakah seseorang pengampu jurus tinggi itu berkenan mengaplikasikannya. Tetapi peluang yang lebih besar dimiliki oleh pengampu jurus yang lebih tinggi.

Dalam realita sering kiita temukan seseorang yang tingkatan ilmunya lebih rendah tetapi dia memiliki kemampuan melaksanakan suatu pekerjaan yang lebih besar dan mampu diselesaikannya dengan lebih baik dengan menggunakan jurus jurus PS yang diampunya, padahal sebelumnya ada senior yang mengampu jurus lebih tinggi tetapi ternyata gagal. Itu sangat mngkin terjadi manakala pengampu jurus yang lebih tinggi tidak pernah mengaplikasikan kemampuan jrusnya, sehingga dia tak berdaya berbuat sesuatu.

Aplikasikanlah segala sesuatunya itu melalui jurus jurus yang anda ampu. Setinggi apapun jurus anda manakala anda tidak pernah mengaplikasikannya dengan jurus PS, maka kemungkinan besar memang anda tak akan memiliki kemampuan melakukannya.  Ada mereka yang jurusnya lebih rendah mampu mencapai (umpama)  30 point, sementara anda yang lebih tinggi jurusnya hanya mencapai 20 point umapamnya, itu adalah karena anda tidak mengaplikasikannya.

Padahal jangankan hanya 30 point, dengan jurus jurus yang anda ampu sekarang sebenarnya anda memiliki kemampuan mencapai 50 point. Itulah gambaran umum akan kekeliruan sikap para senior di PS yang tidak memberdayakan ketinggian jurus yang diampunya. Memang kita tak boleh pamer dengan kemampuan jurus yang kita miliki, tetai ketahuilah manakala jurus jurus itu tidak kita aplikasikan untuk mengatasi  berbagai masalah maka memang tak akan mampu menampakkan kemampuan kita, bukan tidak mau menampakkan, tetapi menag benar benar tak berdaya tampa mengaplikannya.

Tetapi ketahuilah bahwa mereka yang mengampu jurus yang lebih rendah itu, tak juga boleh  berpuas diri dengan kemampuan yang berhasil dicapainya, karena mereka yang mengampu jurus yang lebih tinggi itu akan memiliki kemampuan yang jauh di atas kita manakala yang bersangkutan telah mengalikasinya. Ukuran keberhasilan seseorang dalam belajar ilmu PS adalah dengan banyaknya hal yang mampu diselesaikannya persoalan hidup ini dengan jurus PS yang diaplikannya. Ketahuilah  adalah Sungguh jrus PS yang lebih tinggi memiliki kapasitas yang lebih besar pula dalam mengaplikasika jurus PS yang diampunya.. (Bandar Lampung, 16 Januari 2017)

Penulis: Fachruddin

Saya Fachruddin, District Advisory Team (DAT) pada PT. Tetira International Consultants Jakrta, Kerjasama dengan ADB dalam rangka Pelaksanaan Pengembangan Kapasitas Penerapan SPM Dikdas, di Wilayah Sumatera Selatan. Saya Anggota PS di Lampung, Saya mengelola Blog pribadi, dan diminta menulis di Blog PS Lampung , walaupun tulisan hanya tulisan populer, dan tidak terlalu mendisiplinkan diri dalan kaidah ilmiah. Namun Pengurus berharap tulisan tersebut dapat dijadikan bahan para anggota berdiskusi dan berkomunikasi dengan para pihak. Semoga saja ada manfaatnya.

Tinggalkan komentar